Items where Division is "Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1" and Year is 2023


Group by: Creators | Item Type | No Grouping
Jump to: A | C | D | H | M | N | S
Number of items: 13.

A

Amirudin Fahry, 3601418030 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 27 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Anggis Gusliyanti, 3601419013 (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 22 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Anindya Alimah, 3601419012 (2023) Guru memiliki peranan penting bagi pendidikan karena guru memilki tanggungjawab untuk melakukan kegiatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik yang merupakan sebagai objek dalam penguatan nilai moral, sosial, intelektual, keterampilan dan spiritual. Hal tersebut berkaitan dengan pentingnya penguatan modal sosial bagi peserta didik. Modal sosial merupakan seperangkat nilai-nilai, norma, dan kepercayaan yang mempermudah masyarakat bekerjasama secara aktif dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Modal sosial dapat digunakan sebagai bekal bermasyarakat agar peserta didik dapat senantiasa menjadi makhluk sosial yang baik karena dengan adanya bekal modal sosial ini dapat dijadikan untuk menyelesaikan konflik sosial. Problematika yang ditemukan di MTs Diponegoro Ungaran yaitu terdapat sikap, perilaku serta perkataan peserta didik yang kurang sopan serta adanya pelanggaran-pelanggaran tata tertib yang dilakukan peserta didik. Hal tersebut tidak sesuai dengan visi-misi sekolah yaitu yaitu mencetak generasi yang bermartabat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penguatan modal sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini berfokus pada (1) peran guru dalam penguatan modal sosial melalui pembelajaran IPS (2) hambatan yang dialami oleh guru dalam penguatan modal sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini dianalisis menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) guru IPS berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing serta pengarah dalam menanamkan nilai modal sosial melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, komponen modal sosial yang ditanamkan oleh guru IPS yaitu nilai dan norma, kepercayaan serta jaringan (2) hambatan yang dialami guru terdapat dua sumber yaitu faktor internal yaitu dari dalam diri peserta didik yaitu karakter peserta didik yang berbeda-beda serta faktor eksternal yaitu dari luar diri peserta didik yaitu lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan. Saran yang diberikan kepada guru IPS dalam menanamkan modal sosial adalah dengan mengembangkan strategi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran serta dapat memaksimalkan penguatan modal sosial melalui pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu perlu adanya strategi yang dilakukan guru IPS agar hambatan tersebut terminimalisir seperti berkonsutasi dengan wali murid, meningkatkan sarana prasarana yang dimiliki serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh guru IPS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Anindya Vegy Aurora, 3601418024 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 25 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Aprilisniawati, 3601415014 (2023) LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN FASILITAS BELAJAR YANG MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMP Negeri 6 Ambarawa). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Armeilinia Gina Atmaja, 3601418003 (2023) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

C

Cahya Fajar Auliadani, 3601416042 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI MTs NU DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

D

Darorie Noor Ubaidillah, 3601417061 (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI LEARNING LOSS MATA PELAJARAN IPS SAAT PEMBELAJARAN DARING DAN PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 24 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Diyah Nisriyana, 3601418020 (2023) UPAYA GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 33 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

H

Hudi Kusumaningtyas, 3601418046 (2023) PERAN GURU DALAM PENGUATAN MODAL SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI MTS DIPONEGORO UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

M

Muhammad Burhanuddin, 3601418017 (2023) STRATEGI GURU MENGATASI LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN IPS PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN JEKULO KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

N

Nofita Eka Wulanasih, 3601418005 (2023) AKULTURASI BUDAYA PADA MASYARAKAT KALANG DESA LUMANSARI KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

S

Suryaning Anugrahani, 3601419015 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 KANDEMAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

This list was generated on Fri May 3 08:25:22 2024 WIB.