Number of items: 13.
A
Amirudin Fahry, 3601418030
(2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE
AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK
SMP NEGERI 27 SEMARANG.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Anggis Gusliyanti, 3601419013
(2023)
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD
TOGETHER DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA HASIL BELAJAR
SISWA KELAS VIII DI SMPN 22 SEMARANG.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Anindya Alimah, 3601419012
(2023)
Guru memiliki peranan penting bagi pendidikan karena guru memilki
tanggungjawab untuk melakukan kegiatan transformasi ilmu pengetahuan kepada
peserta didik yang merupakan sebagai objek dalam penguatan nilai moral, sosial,
intelektual, keterampilan dan spiritual. Hal tersebut berkaitan dengan pentingnya
penguatan modal sosial bagi peserta didik. Modal sosial merupakan seperangkat
nilai-nilai, norma, dan kepercayaan yang mempermudah masyarakat bekerjasama
secara aktif dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Modal sosial
dapat digunakan sebagai bekal bermasyarakat agar peserta didik dapat senantiasa
menjadi makhluk sosial yang baik karena dengan adanya bekal modal sosial ini
dapat dijadikan untuk menyelesaikan konflik sosial. Problematika yang ditemukan
di MTs Diponegoro Ungaran yaitu terdapat sikap, perilaku serta perkataan peserta
didik yang kurang sopan serta adanya pelanggaran-pelanggaran tata tertib yang
dilakukan peserta didik. Hal tersebut tidak sesuai dengan visi-misi sekolah yaitu
yaitu mencetak generasi yang bermartabat. Sehingga penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peran guru dalam penguatan modal sosial melalui pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial.
Penelitian ini berfokus pada (1) peran guru dalam penguatan modal sosial
melalui pembelajaran IPS (2) hambatan yang dialami oleh guru dalam penguatan
modal sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Penelitian ini dianalisis menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) guru IPS berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing serta
pengarah dalam menanamkan nilai modal sosial melalui pembelajaran ilmu
pengetahuan sosial, komponen modal sosial yang ditanamkan oleh guru IPS yaitu
nilai dan norma, kepercayaan serta jaringan (2) hambatan yang dialami guru
terdapat dua sumber yaitu faktor internal yaitu dari dalam diri peserta didik yaitu
karakter peserta didik yang berbeda-beda serta faktor eksternal yaitu dari luar diri
peserta didik yaitu lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan. Saran yang
diberikan kepada guru IPS dalam menanamkan modal sosial adalah dengan
mengembangkan strategi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran serta
dapat memaksimalkan penguatan modal sosial melalui pembelajaran. Saran dalam
penelitian ini yaitu perlu adanya strategi yang dilakukan guru IPS agar hambatan
tersebut terminimalisir seperti berkonsutasi dengan wali murid, meningkatkan
sarana prasarana yang dimiliki serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh
guru IPS.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Anindya Vegy Aurora, 3601418024
(2023)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH PADA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 25
KOTA SEMARANG.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Aprilisniawati, 3601415014
(2023)
LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN FASILITAS BELAJAR YANG
MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMP Negeri 6
Ambarawa).
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Armeilinia Gina Atmaja, 3601418003
(2023)
PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA
PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MOJOLABAN
KABUPATEN SUKOHARJO.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
C
Cahya Fajar Auliadani, 3601416042
(2023)
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BLENDED
LEARNING DALAM MATA PELAJARAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII DI MTs NU DEMAK.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
D
Darorie Noor Ubaidillah, 3601417061
(2023)
UPAYA GURU DALAM MENGATASI LEARNING LOSS
MATA PELAJARAN IPS SAAT PEMBELAJARAN DARING
DAN PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 24
SEMARANG.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Diyah Nisriyana, 3601418020
(2023)
UPAYA GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN
KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA
PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 33 SEMARANG.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
H
Hudi Kusumaningtyas, 3601418046
(2023)
PERAN GURU DALAM PENGUATAN MODAL SOSIAL
MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI MTS DIPONEGORO
UNGARAN.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
M
Muhammad Burhanuddin, 3601418017
(2023)
STRATEGI GURU MENGATASI LEARNING LOSS DALAM
PEMBELAJARAN IPS PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA
SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN JEKULO KUDUS.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
N
Nofita Eka Wulanasih, 3601418005
(2023)
AKULTURASI BUDAYA PADA MASYARAKAT KALANG
DESA LUMANSARI KECAMATAN GEMUH
KABUPATEN KENDAL.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
S
Suryaning Anugrahani, 3601419015
(2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP
INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 KANDEMAN
KABUPATEN BATANG.
Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
This list was generated on Fri May 3 08:25:22 2024 WIB.