PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING BERBASIS WEB MINDMUP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PABELAN KABUPATEN SEMARANG


Iis Erawati, 3601419032 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING BERBASIS WEB MINDMUP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PABELAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum, latar belakang dari penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Pabelan yang masih rendah. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Bapak Eko Triyono sebagai guru IPS, menyampaikan bahwa proses pembelajaran di mata pelajaran IPS memiliki masalah di peserta didik kelas VIII pada hasil belajar IPS yang masih rendah. Beberapa peserta didik kelas VIII menyatakan bahwa pelajaran IPS terlalu banyak hafalannya, dan kesulitan dalam menghafal materi, serta harus mencatat materi yang banyak. Berdasarkan penuturan Bapak Eko Triyono sebagai guru IPS menjelaskan bahwa dalam kegiatan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman peserta didik. Adanya masalah tersebut peserta didik kesulitan dalam memahami materi serta guru kurang dalam penggunaan media sehingga menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana langkah pelaksanaan media mind mapping berbasis web MindMup dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Pabelan? (2) bagimana pengaruh penggunaan media pembelajaran mind mapping berbasis web MindMup tehadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pabelan?. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk mengetahui langkah pelaksanaan media mind mapping berbasis web MindMup, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind mapping berbasis web MindMup terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, dengan pretest dan posttest group design. Media pembelajaran mind mapping sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 peserta dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 peserta. Penghitungan data dilakukan dengan uji Mann Whitney untuk mengetahui besarnya pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran mind mapping dengan rata�rata 84,38 diatas KKM lebih baik dari pada kelas kontrol, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai uji Mann Whitney terdapat Asymp.Sig (2-tailed) 0,000<0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, mind mapping, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 May 2024 02:13
Last Modified: 06 May 2024 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62642

Actions (login required)

View Item View Item