BENTUK KEKERASAN VERBAL ANTARSISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN UPAYA PENCEGAHAN DARI GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus SMP Negeri 3 Kaloran)


Raelesta Setiyaningrum, 3601419025 (2023) BENTUK KEKERASAN VERBAL ANTARSISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN UPAYA PENCEGAHAN DARI GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus SMP Negeri 3 Kaloran). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan verbal merupakan salah satu bentuk kekerasan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah. Siswa berhak mendapatkan perlindungan dari tindakan tidak menyenangkan yang mengganggu proses belajarnya di sekolah sehingga diperlukan upaya pencegahan tindak kekerasan verbal oleh pihak sekolah. Tujuan dari penelitin ini ialah: (1) Menganalisis bentuk-bentuk kekerasan verbal antarsiswa yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Kaloran; (2) Menganalisis upaya pencegahan tindak kekerasan verbal oleh guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kecamatan Kaloran. Penelitian ini menggunakan metode kulaitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber serta teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kekerasan verbal yang terjadi antarsiswa di SMP Kaloran ialah berupa membentak, memaki, memberi julukan atau melabel, merendahkan atau melecehkan kemampuan, menghina, menuduh, dan mengancam. Kekerasan verbal disebabkan oleh faktor pengetahuan, lingkungan, serta kondisi emosi siswa yang tidak stabil. Dampak dari kekerasan verbal yang diterima oleh korban ialah Gangguan emosi, gangguan hubungan sosial, serta gangguan perkembangan kognitif; (2) Upaya pencegahan tindak kekerasan verbal di SMP Kaloran meliputi upaya penanaman kebiasaan berperilaku baik, pembuatan iklan persuasi, pemberian kritik yang positif, bimbingan atau pembinaan, pemberian informasi melalui sosialisasi dan penyuluhan, serta kerjasama atau kolaborasi dengan pihak lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk kekerasan verbal, upaya pencegahan, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Conflict
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 May 2024 01:59
Last Modified: 06 May 2024 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62638

Actions (login required)

View Item View Item