EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP 41 SEMARANG


Alvina Ajeng Sritanti, 3601419050 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di jenjang Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Pelaksanaan pembelajaran IPS masih banyak mengalami hambatan sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Kondisi ini berdampak pada banyaknya permasalahan lain yang timbul dalam pembelajaran seperti rendahnya keaktifan peserta didik dalam kelas, berkurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan Wordwall dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model TGT berbantuan wordwall pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP 41 Semarang dan sejauh mana Efektivitas Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Wordwall pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP 41 Semarang. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design jenis one group pretest-posttest. Berdasarkan analisis model pembelajaran Team Games Tournament berbantuan Wordwall efektif terhadap hasil IPS peserta didik kelas VIII SMPNegeri 41 Semarang dengan indikator yang dicapai sebagai berikut. (1) Nilai rata-rata posttest 80,52 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,76%. (2) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran IPS mendapat kriteria cukup aktif dengan jumlah 75,16%, (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran IPS kriteria sangat baik dengan jumlah skor 87,43, (4) Respon positif peserta didik dalam pembelajaran IPS mendapatkan skor 87,93%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Wordwall.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 May 2024 02:18
Last Modified: 06 May 2024 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62645

Actions (login required)

View Item View Item