UPAYA GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 33 SEMARANG


Diyah Nisriyana, 3601418020 (2023) UPAYA GURU IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 33 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan sosial merupakan bagian penting dari kemampuan hidup manusia. Guru memiliki andil yang besar dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik melalui pembelajaran di kelas karena guru berperan sebagai perancang pembelajaran, pengelola pembelajaran, dan penilai prestasi belajar siswa. Pentingnya keterampilan sosial peserta didik pada pembelajaran IPS mengharuskan guru IPS melakukan upaya lebih lanjut yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial peserta didik demi mewujudkan tujuan pembelajaran IPS. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang upaya guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik pada pembelajaran IPS untuk mengetahui proses pengembangan keterampilan sosial serta faktor penghambat dalam pengembangan keterampilan sosial peserta didik di SMP Negeri 33 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan latar penelitian di lokasi SMP Negeri 33 Semarang. Adapun sumber data yang terlibat yaitu guru IPS, Kepala Sekolah, dan peserta didik kelas VII.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya yang dilakukan guru IPS dalam mengembangkan keterapilan sosial peserta didik pada aspek hubungan teman sebaya, keterampilan akademik, dan manajemen diri yang dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran IPS dan mengintegrasikan kedalam RPP yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. (2) Adapun kendala yang dihadapi guru IPS dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik pada aspek hubungan teman sebaya, keterampilan akademik, dan manajemen diri, diantaranya yaitu: kurangnya kepedulian peserta didik, peserta didik belum sepenuhnya fokus pada materi pembelajaran, fasilitas penunjang belajar yang minim, serta kurangnya tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan tugas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Guru IPS, Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:17
Last Modified: 26 Apr 2024 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62611

Actions (login required)

View Item View Item