STRATEGI GURU MENGATASI LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN IPS PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN JEKULO KUDUS


Muhammad Burhanuddin, 3601418017 (2023) STRATEGI GURU MENGATASI LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN IPS PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN JEKULO KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid 19 yang menyebar Indonesia kemarin mengakibatkan perubahan dari berbagai sektor, terutama sektor pendidikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber primer yang diperoleh dari penelitian ini yaitu guru IPS yang ada di SMP wilayah Kecamatan Jekulo Kudus, serta menggunakan data sekunder. Uji keabsahan data penelitian ini menggunkan uji triangulasi dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Identifikasi guru mengenai materi yang belum dikuasai oleh siswa kelas VII SMP di Kecamatan Jekulo beberapa materi yang belum dikuasai oleh siswa diantaranya yaitu potensi Sumber Daya Alam (SDA), keaneragaman dan etnik budaya, lembaga sosial, interaksi sosial, nilai dan norma, kearifan lokal. (2) Kondisi learning loss dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP pada Kecamatan Jekulo, kebanyakan guru menggunakan metode pedekatan terhadap siswa yang mengalami learning loss serta memberikan bimbingan khusus terhadap siswa tersebut dan juga memberikan ujian kompetensi terhadap siswa mengenai materi yang belum dikuasai. (3) Bentuk evaluasi yang diberikan oleh bapak ibu guru pengampu mata pelajaran IPS yaitu diantaranya menggunakan metode tes tulis, tes lisan, penilaian keterampilan sebagai contoh membuat peta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Evaluasi Pembelajaran, Learning Loss.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Apr 2024 03:13
Last Modified: 26 Apr 2024 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62608

Actions (login required)

View Item View Item