PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MELALUI LABORATORIUM TEENZANIA
Mulyono, - (2022) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MELALUI LABORATORIUM TEENZANIA. Unnes Journal of Mathematics Education Research.
PDF
Download (275kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika bermuatan pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif dengan pendekatan problem posing melalui laboratorium Teenzania pada materi bentuk pangkat, akar, dan logaritma. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan THB. Instrumen yang dikembangkan meliputi lembar validasi, lembar angket, dan lembar pengamatan. Metode pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil validasi silabus 4,20; RPP 4,30; buku siswa 4,22; dan LKS 4,19, dengan skor maksimal 5. Jadi semua memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran praktis yang ditandai oleh respons positif siswa 83,74%, skor respons guru 45 dari skor maksimal 60 dengan kriteria baik, dan skor kemampuan guru mengelola pembelajaran 25,75 dari skor maksimal 36 dengan kriteria baik. Pembelajaran efektif yang ditandai oleh rata-rata prestasi belajar 81,38 memenuhi batas KKM 75 dan 80% lebih siswa mendapatkan nilai lebih besar dari KKM, rata-rata prestasi belajar kelas ekperimen 81,38 lebih besar dari kelas kontrol 75,31, dan aktivitas serta keterampilan proses berpengaruh positif terhadap prestasi belajar 83,1%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Character education Learning materials Problem posing |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 03:04 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 03:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56956 |
Actions (login required)
View Item |