TEORI APOS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Mulyono, - TEORI APOS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Journal of Mathematics and Mathematics Education.
PDF
Download (2MB) |
Abstract
Belajar merupakan kerja mental secara aktif. Teori APOS merupakan teori yang mempelajari bagaimana individu belajar konsep matematika. Teori ini mengemukakan bahwa dalam membangun sebuah konsep matematika, individu melalui tahap-tahap aksi, proses, objek, dan skema. Untuk mengetahui bagaimana individu bekerja dan berpikir ketika berada pada tahap- tahap itu perlu dilakukan wawancara yang mendalam. Seseorang mungkin bisa berhasil melalui semua tahap tersebut, bisa juga gagal. Meskipun sama-sama berhasil atau sama-sama gagal, antara individu satu dengan yang lainnya, mungkin berbeda aktivitas mental yang dilakukan. Dengan teori ini pengembang pendidikan dapat membuat model pembelajaran yang berorientasi pada teori ini. Teori ini menyediakan langkah-langkah konstruksi konsep matematika, model pembelajaran yang dikembangkan dapat memasukkan langkah-langkah ini ke dalam model yang dibuat pada langkah-langkah pembelajarannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori APOS, konsep matematika, model pembelajaran |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:59 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 03:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56913 |
Actions (login required)
View Item |