TEORI APOS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN


Mulyono, - TEORI APOS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Journal of Mathematics and Mathematics Education.

[thumbnail of 74 JMEE UNS Vol 1 No 1 lengkap cover.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Belajar merupakan kerja mental secara aktif. Teori APOS merupakan teori yang mempelajari bagaimana individu belajar konsep matematika. Teori ini mengemukakan bahwa dalam membangun sebuah konsep matematika, individu melalui tahap-tahap aksi, proses, objek, dan skema. Untuk mengetahui bagaimana individu bekerja dan berpikir ketika berada pada tahap- tahap itu perlu dilakukan wawancara yang mendalam. Seseorang mungkin bisa berhasil melalui semua tahap tersebut, bisa juga gagal. Meskipun sama-sama berhasil atau sama-sama gagal, antara individu satu dengan yang lainnya, mungkin berbeda aktivitas mental yang dilakukan. Dengan teori ini pengembang pendidikan dapat membuat model pembelajaran yang berorientasi pada teori ini. Teori ini menyediakan langkah-langkah konstruksi konsep matematika, model pembelajaran yang dikembangkan dapat memasukkan langkah-langkah ini ke dalam model yang dibuat pada langkah-langkah pembelajarannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teori APOS, konsep matematika, model pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:59
Last Modified: 13 Apr 2023 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56913

Actions (login required)

View Item View Item