Mathematical Creative Thinking Ability of the Seventh Grade Students in Terms of Learning Styles to the Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) Learning Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R)
Mulyono, - Mathematical Creative Thinking Ability of the Seventh Grade Students in Terms of Learning Styles to the Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) Learning Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R). Unnes Journal of Mathematics Education.
PDF
Download (616kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (2) mengetahui klasifikasi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif; dan (3) mendeskripsikan miskonsepsi penghambat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat rendah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 21 Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian kombinasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t, uji-z, dan uji gain ternormalisasi. Analisis data kualitatif menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PQ4R efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (2) klasifikasi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif mempunyai variasi banyaknya peserta didik yang berbeda pada setiap tingkatannya; dan (3) miskonsepsi penghambat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat rendah dengan gaya belajar: (a) visual memenuhi empat indikator miskonsepsi, (b) auditorial memenuhi tiga indikator miskonsepsi, dan (c) kinestetik memenuhi enam indikator miskonsepsi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir, Kreatif Matematis, Gaya Belajar, PQ4R |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:07 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56907 |
Actions (login required)
View Item |