Kurikulum Pendidikan Matematika di Indonesia dan Perancis
Mulyono, - (2022) Kurikulum Pendidikan Matematika di Indonesia dan Perancis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan.
PDF
Download (777kB) |
Abstract
Kurikulum pendidikan suatu negara selalu berubah secara berkala sebagai bentuk dari perubahan zaman, tantangan eksternal maupun internal. Kurikulum merupakan seperangkat aturan yang berisi pedoman dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kualitas pendidikan suatu bangsa ditentukan sejauh mana efektivitas kurikulum yang telah disusun dan diimplementasikan. Tujuan artikel ini adalah ingin mengetahui bagaimana trend kurikulum negara maju yang diwakili oleh negara Perancis dan kurikulum pada negara berkembang yaitu Indonesia. Aspek yang menjadi fokus dalam artikel ini adalah pembelajaran matematika di kedua negara tersebut. Berdasarkan hasil kajian literature diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa kesamaan diantara kedua negara tersebut seperti jenjang pendidikan dan buku teks matematika yang menitikberatkan pada aktivitas siswa. Beberapa perbedaan tampak dari standar kompetensi lulusan, Ujian Nasional, dan tujuan pembelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curriculum in Indonesia, Curriculum in France, Mathematics Education |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 02:23 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 02:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56887 |
Actions (login required)
View Item |