Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped- Project-Based Learning
Mulyono, - Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped- Project-Based Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
PDF
Download (354kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan flipped-project-based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dan menggunakan desain true experimental design dengan strategi pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan representasi matematis yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan materi trigonometri. Teknik analisis data menggunakan uji beda rata-rata, uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, dan uji peningkatan kemampuan. Hasil yang diperoleh adalah rata-rata nilai kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen yaitu 73,85 lebih dari rata-rata nilai kememampuan representasi matematis siswa kelas kontrol yaitu 70,10; rata-rata nilai kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen yaitu 73,85 lebih dari kriteria ketuntasan minimal yaitu 70; proporsi ketuntasan siswa pada kelas eksperimen lebih dari 75% yaitu sebesar 89%; terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen dengan rata-rata kriteria sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mathematical representation, PjBL, flipped classroom |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 06:04 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 06:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56867 |
Actions (login required)
View Item |