KEMAMPUAN PENALARAN IMITATIF DAN PENALARAN KREATIF DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PADA MODEL INKUIRI TERBIMBING STRATEGI REACT
Niken Ramandha Wulan Sari, 0401516067 (2019) KEMAMPUAN PENALARAN IMITATIF DAN PENALARAN KREATIF DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PADA MODEL INKUIRI TERBIMBING STRATEGI REACT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN PENALARAN IMITATIF DAN PENALARAN KREATIF DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PADA MODEL INKUIRI TERBIMBING STRATEGI REACT)
- Submitted Version
Download (628kB) | Preview |
Abstract
Sari, N. R.W. 2019. “Kemampuan Penalaran Imitatif dan Penalaran Kreatif Ditinjau dari Locus of Control pada Model Inkuiri Terbimbing Strategi REACT”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Mohammad Asikin, M.Pd, Pembimbing II Dr. Mulyono, M.Si. Kata Kunci: Penalaran Imitatif, Penalaran Kreatif, Locus of Control, Inkuiri Terbimbing, REACT. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi REACT terhadap kemampuan penalaran imitatif dan penalaran kreatif ditinjau dari locus of control siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran imitatif dan penalaran kreatif ditinjau dari locus of control internal pada model inkuiri terbimbing strategi REACT, dan (3) mendeskripsikan kemampuan penalaran imitatif dan penalaran kreatif ditinjau dari locus of control eksternal pada model inkuiri terbimbing strategi REACT. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain explanatory squential. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari siswa kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VII-E, VII-F, VII-G ,VII-H, VII-I, dan VII-J. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dimana akan diambil satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah enam siswa yang ditentukan berdasarkan locus of control yang dimiliki yaitu tiga siswa dengan locus of control internal dan tiga siswa dengan locus of control eksternal. Teknik pengumpulan data berupa tes, kuesioner, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran inkuiri terbimbing strategi REACT terhadap kemampuan penalaran imitatif dan kemampuan penalaran kreatif berkualitas, (2) kemampuan penalaran imitatif dan penalaran kreatif siswa locus of control internal dapat dicapai dengan baik, dan (3) kemampuan penalaran imitatif siswa locus of control eksternal dapat dicapai dengan baik pada indikator mengingat fakta, definisi dan rumus yang digunakan, sedangakan pada indikator yang lain belum tercapai, kemampuan penalaran kreatif siswa locus of control eksternal dapat dicapai dengan baik pada indikator menjelaskan alasan dari pemilihan prosedur. Guru dapat merancang model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa dengan mengetahui locus of control siswa. Adanya model pembelajaran inkuiri terbimbing strategi REACT dapat melatih kemampuan penalaran imiatif dan penalaran kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penalaran Imitatif, Penalaran Kreatif, Locus of Control, Inkuiri Terbimbing, REACT. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:42 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41078 |
Actions (login required)
View Item |