KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERPENDEKATAN RME-PISA


Euis Fajriyah, 0401516004 (2018) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERPENDEKATAN RME-PISA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERPENDEKATAN RME-PISA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING BERPENDEKATAN RME-PISA) - Submitted Version
Download (683kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fajriyah, E. 2018. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Double Loop Problem Solving berpendekatan RME- PISA”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Mulyono, M.Si., Pembimbing II Dr. Mohammad Asikin, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Double Loop Problem Solving, RME, PISA. Literasi matematika dan gaya kognitif berperan penting dalam pembelajaran matematika. Prestasi literasi siswa di sekolah menengah untuk mata pelajaran matematika masih tergolong rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya tidak adanya pembiasaan dari guru, kurangnya pengalaman siswa dalam melakukan analisis yang mendalam, dan proses pembelajaran yang kurang melatih siswa untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan literasi matematika. Model Double Loop Problem Solving berpendekatan RME-PISA diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang mampu mendukung berkembangnya kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran serta kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa setelah pembelajaran dengan model Double Loop Problem Solving berpendekatan RME-PISA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan desain concurrent embedded. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 dengan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang dikenai pembelajaran dengan model Double Loop Problem Solving berpendekatan RME-PISA dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Subjek penelitian kualitatif sebanyak tujuh siswa diperoleh berdasarkan hasil tes gaya kognitif (MFFT). Data kuantitatif diuji melalui uji rata-rata, uji ketuntasan klasikal, uji beda proporsi, dan uji beda rata-rata, sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Double Loop Problem Solving berpendekatan RME-PISA terhadap kemampuan literasi matematika siswa berkualitas. Siswa dengan gaya kognitif reflective mampu menguasai komponen komunikasi, matematisasi, penalaran dan argumentasi, dan merancang strategi untuk menyelesaikan masalah. Siswa dengan gaya kognitif impulsive mampu menguasai komponen komunikasi. Siswa dengan gaya kognitif fast-accurate mampu menguasai komponen komunikasi, matematisasi, representasi, merancang strategi untuk menyelesaikan masalah, menggunakan bahasa serta operasi simbolis, formal dan teknis, dan menggunakan alat matematika. Siswa dengan gaya kognitif slow-inaccurate cukup mampu menguasai komponen komunikasi, matematisasi, penalaran dan argumentasi, merancang strategi untuk menyelesaikan masalah, dan menggunakan bahasa serta operasi simbolis, formal dan teknis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Matematika, Gaya Kognitif, Double Loop Problem Solving, RME, PISA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:11
Last Modified: 05 Nov 2020 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41028

Actions (login required)

View Item View Item