KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION BERBANTUAN KARTU MASALAH


ARGIYANTO DWI SAPTO, 0401516045 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION BERBANTUAN KARTU MASALAH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION BERBANTUAN KARTU MASALAH]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA MODEL ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION BERBANTUAN KARTU MASALAH) - Submitted Version
Download (967kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sapto, Argiyanto D. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Attention Relevance Confidence Satisfaction Berbantuan Kartu Masalah”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd., Pembimbig II Prof. Dr. Kartono, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, ARCS, Kartu Masalah. Kurangnya pemahaman guru terhadap gaya kognitif siswa menyebabkan pembelajaran tidak efektif sehingga akan berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Pemecahan masalah merupakan jantungnya pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan survey dari Program For International Student Assessment (PISA) pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran ARCS berbantuan kartu masalah (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent (3) mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif field independent. Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan desain concurrent embedded. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 22 Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling di dapatkan dua sampel yaitu siswa kelas 8C dan siswa kelas 8D. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kategori field dependent lemah, sedang, kuat dan field independent lemah, sedang, kuat. Teknik pengumpulan data berupa Dokumen, observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran ARCS berbantuan kartu masalah dalam kategori baik (2) siswa dengan gaya kognitif tipe field dependent dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah hingga tahap memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan masalah. (3) siswa dengan gaya kognitif tipe field independent dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah hingga tahap memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, menyelesaikan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam pembelajaran menggunakan metode belajar secara berkelompok yang lebih melibatkan interksi dengan guru dan siswa lain untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan siswa dengan gaya kognitif field independent dalam pembelajaran menggunakan metode belajar mandiri dengan diberikan latihan-latihan soal yang menantang untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, ARCS, Kartu Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 01:52
Last Modified: 05 Nov 2020 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41023

Actions (login required)

View Item View Item