LITERASI MATEMATIKA PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DITINJAU DARI SELF EFFICACY


Hartomo Adhi Nugroho, 0401516014 (2019) LITERASI MATEMATIKA PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI MATEMATIKA PADA DISCOVERY LEARNING  DENGAN STRATEGI  SCAFFOLDING DITINJAU DARI SELF EFFICACY]
Preview
PDF (LITERASI MATEMATIKA PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DITINJAU DARI SELF EFFICACY) - Submitted Version
Download (13MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Adhi Nugroho, Hartomo. 2019.Literasi matematika pada Discovery Learning dengan strategi scaffolding ditinjau dari self efficacy. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Mulyono, M.Si., Pembimbing II Dr. Isti Hidayah, M.Pd Kata Kunci: Literasi matematika, Discovery Learning, scaffolding, self efficacy. Kualitas pendidikan matematika di Indonesia masih tergolong rendah terutama literasi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran dengan Discovery Learning dengan strategi scaffolding terhadap literasi matematika siswa. Kualitas pembelajaran yang dimaksudkan dalam penelitian ini mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain concurrent embedded yaitu metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan atau bersama-sama tetapi bobot metodenya berbeda. Variabel penelitian yang digunakan adalah literasi matematika dan self efficacy siswa. Perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang berupa silabus, RPP, LKS, soal pretes, soal postes, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan pedoman wawancara divalidasi oleh validator. Perangkat dan isntrumen penelitian yang sudah divalidasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Pengumpulan data penelitian meliputi observasi, tehnik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif meliputi uji normalitas, homogenitas, one sample t test, uji Z dengan Z = 1,771 dan uji beda rata-rata. Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan keabsahan data. Reduksi data meliputi pembagian kelompok self efficacy tinggi, sedang dan rendah dari hasil kuesioner, mengoreksi hasil postes literasi matematika, memilih 1 subyek penelitian dari tiap kelompok self efficacy siswa dan melakukan wawancara dengan subyek penelitian mengenai literasi matematika. Tehnik keabsahan data melalui triangulasi sumber. Hasil kuesioner menunjukkan 4 siswa self efficacy rendah, 10 siswa self efficacy sedang dan 22 siswa self efficacy tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Discovery Learning strategi scaffolding berkualitas baik pada perencanaan yaitu perangkat pembelajaran pada kategori valid, rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 4,21 pada kategori sangat baik dan evaluasi pembelajaran dengan rata-rata literasi matematika discovery learning strategi scaffolding lebih dari KKM 73 dan proporsi ketuntasan literasi matematika yang memenuhi KKM lebih dari 75%,(2) Siswa pada kelompok self efficacy rendah tidak bisa memenuhi indikator communication karena kesulitan membaca dan mengurai suatu permasalahan, (3) Siswa pada kelompok self efficacy sedang memenuhi indikator communication karena dapat membaca dan mengurai suatu permasalahan, (4) Siswa pada kelompok self efficacy tinggi sangat mampu memenuhi indikator communication karena dapat membaca dan mengurai suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi matematika, Discovery Learning, scaffolding, self efficacy.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:06
Last Modified: 21 Oct 2020 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40309

Actions (login required)

View Item View Item