KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL POGIL BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER BANGSA SISWA KELAS VIII
P. S. Widyaningrum , Matematika Unnes and E. Pujiastuti, Matematika Unnes and K. Wijayanti, Matematika Unnes (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL POGIL BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER BANGSA SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (3). pp. 207-216. ISSN 2252-6927
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL POGIL BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER BANGSA SISWA KELAS VIII)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran model POGIL berbantuan kartu masalah dapat mencapai ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah siswa di kelas yang tuntas secara individual dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran model POGIL berbantuan kartu masalah lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran model ekspositori berbantuan kartu masalah, serta bagaimana karakter bangsa siswa dengan penerapan pembelajaran model berbantuan kartu masalah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyumas. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi dan uji ketidaksamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Selain itu, karakter bangsa siswa dengan penerapan pembelajaran model POGIL berbantuan kartu masalah mengalami perubahan menjadi lebih baik dari kriteria yang dimiliki sebelumnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Bangsa; Kartu Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 19:32 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 19:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33106 |
Actions (login required)
View Item |