TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN FORMATIF PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)


Nurul Lita Sari , 4101413011 (2017) TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN FORMATIF PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (765kB) | Preview

Abstract

Penilaian merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari komponen lainnya salah satunya dengan pembelajaran. Pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Kartika III-I Semarang belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yakni pembelajaran menggunakan pembelajaran MMP dengan tindak lanjut hasil asesmen formatif. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengananlisis (1) kualitas pembelajaran MMP dengan tindak lanjut hasil asesmen terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan (2) kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran MMP dengan tindak lanjut hasil asesmen formatif pada kelas VIII materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi atau mixed methods yaitu menggabungkan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Populasi siswa kelas VIII SMP Kartika III-I Semarang tahun ajaran 2016/2017 dan sampel adalah siswa di kelas VIII A sebagai kelas ekpserimen serta siswa di kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian kualitatif adalah 6 siswa dari kelas VIII A. Pemilihan subjek kualitatif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pembelajaran MMP dan tindak lanjut asesmen formatif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa ditunjukan oleh (a) keterlaksanaan pembelajaran yang memperoleh rata-rata persentase 80,94% dengan klasifikasi sangat baik. (b) aktivitas kelas yang memperoleh rata-rata persentase 81,75% dengan klasifikasi sangat aktif. (c) respon siswa dengan persentase siswa yang memberikan respon baik dan sangat baik sebesar 92,59%. (d) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII A SMP Kartika III-I Semarang yang memperoleh materi bangun ruang sisi datar mencapai ketuntasan belajar. (e) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tindak lanjut hasil asesmen formatif pada pembelajaran MMP lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori. dan (2) kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelompok atas menguasai semua indikator pemecahan masalah, siswa pada kelompok tengah menguasai indikator pemecahan masalah yaitu membangun pemahaman baru siswa, memecahkan masalah yang timbul, serta memantau dan merefleksikan proses pemecahan masalah dan Siswa pada kelompok bawah belum dapat menguasai indikator pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Asesmen Formatif, MMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 13:26
Last Modified: 03 Jan 2019 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32091

Actions (login required)

View Item View Item