ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA BERDASARKAN KRITERIA WATSON MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DAN PROSEDUR TAKSONOMI SOLO
Monica Arum Safitri , 4101412143 (2016) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA BERDASARKAN KRITERIA WATSON MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DAN PROSEDUR TAKSONOMI SOLO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (372kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui letak kecenderungan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan panduan kriteria Watson dan (ii) mengetahui penyebab kesalahan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi pokok aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif terhadap siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Ungaran. Analisis data dilakukan terhadap 6 siswa dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, metode wawancara, dan metode observasi. Hasil penelitiannya adalah (i) kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa hampir merata untuk tiap soal pemecahan masalah dan kecenderungan kesalahan yang paling menonjol dilakukan yaitu kesalahan data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), data hilang (omitted data/od), kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), dan kesalahan hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp), dengan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip) menjadi kecenderungan kesalahan paling banyak, (ii) penyebab siswa melakukan kesalahan inappropriate data (id) adalah siswa salah dalam memasukkan data dalam variable, kesalahan inappropriate procedure (ip) adalah siswa kurang memahami maksud dari soal, kesalahan omitted data (od) adalah siswa belum terampil mengolah informasi, kesalahan omitted conclusion (oc) adalah siswa kurang memahami pertanyaan dalam soal, dan kesalahan skills hierarchy problem (shp) adalah siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan. Saran yang bisa diberikan untuk meminimalisir kesalahan dapat ditindaklanjuti dengan pembelajaran remedial terkait materi yang belum dikuasai dan drill soal untuk melatih keterampilan menghitung siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Watson, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 14:54 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28776 |
Actions (login required)
View Item |