Mathematical Creative Thinking Ability of the Seventh Grade Students in Terms of Learning Styles to the Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) Learning Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R)


Mulyono, - Mathematical Creative Thinking Ability of the Seventh Grade Students in Terms of Learning Styles to the Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) Learning Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R). Unnes Journal of Mathematics Education.

[thumbnail of 71 UJME Vol 6 no 2 Agustus th 2017 hal 258-267 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (616kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (2) mengetahui klasifikasi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif; dan (3) mendeskripsikan miskonsepsi penghambat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat rendah ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 21 Semarang. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian kombinasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t, uji-z, dan uji gain ternormalisasi. Analisis data kualitatif menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PQ4R efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (2) klasifikasi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif mempunyai variasi banyaknya peserta didik yang berbeda pada setiap tingkatannya; dan (3) miskonsepsi penghambat kemampuan berpikir kreatif pada tingkat rendah dengan gaya belajar: (a) visual memenuhi empat indikator miskonsepsi, (b) auditorial memenuhi tiga indikator miskonsepsi, dan (c) kinestetik memenuhi enam indikator miskonsepsi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir, Kreatif Matematis, Gaya Belajar, PQ4R
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:07
Last Modified: 05 Apr 2023 06:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56907

Actions (login required)

View Item View Item