Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped- Project-Based Learning


Mulyono, - Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped- Project-Based Learning. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

[thumbnail of 52 ANARGYA Vol 5 No 1 April 2022 hal 35-42 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan flipped-project-based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dan menggunakan desain true experimental design dengan strategi pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 1 Jepon Kabupaten Blora tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan representasi matematis yang dilaksanakan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan materi trigonometri. Teknik analisis data menggunakan uji beda rata-rata, uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, dan uji peningkatan kemampuan. Hasil yang diperoleh adalah rata-rata nilai kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen yaitu 73,85 lebih dari rata-rata nilai kememampuan representasi matematis siswa kelas kontrol yaitu 70,10; rata-rata nilai kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen yaitu 73,85 lebih dari kriteria ketuntasan minimal yaitu 70; proporsi ketuntasan siswa pada kelas eksperimen lebih dari 75% yaitu sebesar 89%; terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen dengan rata-rata kriteria sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mathematical representation, PjBL, flipped classroom
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 Apr 2023 06:04
Last Modified: 04 Apr 2023 06:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56867

Actions (login required)

View Item View Item