Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Dan Perilaku Sosial Siswa Madrasah Aliyah Al Asror
Gejek Slamet Irawan, 0301517018 (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Dan Perilaku Sosial Siswa Madrasah Aliyah Al Asror. Masters thesis, UNNES.
PDF
Download (380kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
PDF
Download (462kB) |
|
PDF
Download (107kB) |
|
PDF
Download (771kB) |
|
PDF
Download (482kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
PDF
Download (197kB) |
|
PDF
Download (445kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi Pendidikan Karakter siswa di Madrasah Aliyah Al Asror terjadi masalah dalam membentuk sikap dan perilaku di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis implementasi pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Al Asror (2) Menganalisis implementasi pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Al Asror dalam membentuk sikap dan perilaku sosial nya dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi, Fokus pada pengalaman yang dialami oleh individu, dan bagaimana individu memaknai pengalamannya tersebut berkaitan dengan fenomena tertentu yang sangat berpengaruh dan sangat berarti bagi individu yang bersangkutan. kemudian selanjutnya data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumen kemudian data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan cara melukiskan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata atau kalimat sehingga peneliti menguraikan secara mendalam hasil penelitian tersebut sesuai dengan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan. Sasaran penelitian adalah Siswa-siswi Madrasah Aliyah AL Asror. Hasil penelitian menunjukan Implementasi karakter siswa di Madrasah Aliyah AL- Asror dilatarbelakangi oleh faktor-faktor pendorong pembentukan karakter yaitu keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkodisian lingkungan, dan kegiatan rutin. Implementasi Karakter siswa di Madrasah Aliyah AL Asror dalam membentuk sikap dan perilaku sosial di masyarakat dalam bentuk Pendidikan karakter religius, pendidikam karakter perilaku jujur, Pendidikan Karakter perilaku Toleransi, dan Pendidikan karakter perilaku Peduli sesama/empati. Analisis teori menggunakan teori Thomas Lickona. Implementasi karakter dan perilaku siswa sebagai bentuk dan cara siswa menjadi siswa yang berkarakter baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Karakter, Perilaku sosial, Implementation, Character, Social Behavior |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 05:28 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47919 |
Actions (login required)
View Item |