Peningkatan Keterampilan Menyimak Wacana Percakapan Bahasa Jawa Menggunakan Media VCD “Ginem Jawi” dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas XI PS II SMA Teuku Umar Semarang.


Nofian Pramujianto , 2102405618 (2009) Peningkatan Keterampilan Menyimak Wacana Percakapan Bahasa Jawa Menggunakan Media VCD “Ginem Jawi” dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas XI PS II SMA Teuku Umar Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menyimak Wacana Percakapan Bahasa Jawa Menggunakan Media VCD “Ginem Jawi” dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas XI PS II SMA Teuku Umar Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menyimak Wacana Percakapan Bahasa Jawa Menggunakan Media VCD “Ginem Jawi” dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas XI PS II SMA Teuku Umar Semarang.) - Published Version
Download (931kB) | Preview

Abstract

Menyimak wacana percakapan merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah. Pembelajaran menyimak wacana percakapan bahasa Jawa yang diajarkan di SMA Teuku Umar Semarang selama ini kurang maksimal, ada beberapa sebab mengapa pembelajaran menyimak wacana percakapan berjalan kurang maksimal, diataranya karena strategi pembelajaran maupun media ajar yang digunakan guru kurang menarik. Hal tersebut berdampak pada nilai rata-rata kelas menyimak wacana percakapan bahasa Jawa yang dapat dikategorikan kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian mengenai (1) adakah peningkatan keterampilan menyimak wacana percakapan pada siswa kelas XI PS II Semarang setelah menggunakan media VCD “Ginem Jawi” pendekatan kontekstual komponen inquiry, (2) bagaimana perubahan perilaku yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Teuku Umar Semarang dalam menyimak dengan menggunakan media VCD “Ginem Jawi” pendekatan kontekstual komponen inquiry. Tujuan panelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimak wacana percakapan menggunakan media VCD “Ginem Jawi” dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menyimak wacana percakapan menggunakan media VCD “Ginem Jawi” dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry. Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa, dan Balai Bahasa. Bagi guru, penelitian ini dapat membantu guru meningkatkan proses belajar mengajar keterampilan menyimak wacana percakapan. Bagi siswa, mempermudah pembelajaran menyimak wacana percakapan bahasa Jawa sehingga siswa senang dan berminat dalam mengikuti pembelajaran menyimak, dan bagi Balai Bahasa untuk pengembangan teori pembelajaran bahasa pada umumnya dan khususnya keterampilan menyimak bahasa Jawa dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI PS II SMA Teuku Umar Semarang. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menyimak. Pada prasiklus, nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 53,1. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata dari prasiklus sebesar 11,8 poin atau 22,2% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,9. Peningkatan keterampilan menyimak wacana percakapan juga terjadi pada siklus II dimana nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 71,9 terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 7 poin atau 10,8%, dan peningkatan dari prasiklus sampai tahap siklus II sebesar 18,8 atau 35,4%. Hasil penelitian nontes menunjukan menyimak wacana percakapan bahasa Jawa dengan menggunakan media VCD “Ginem Jawi” dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry dapat meningkatkan perilaku dan meningkatkan kemampuan belajar siswa mengubah menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket siswa siklus I dan siklus II. Hasil angket pada siklus I diketahui bahwa siswa yang tertarik dengan pembelajaran menyimak wacana percakapan sebesar 100%, dan pada siklus II sebesar 100 %. Hasil observasi pada siklus I siswa yang berperilaku positif yaitu mengikuti proses menyimak wacana percakapan dengan baik dan penuh perhatian sebesar 63,8% dan pada siklus II sebesar 79,2%. Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa yang menyimak wacana yang memperoleh nilai rendah mengalami kesulitan pada saat proses pembelajaran menyimak wacana percakapan karena siswa mengakui tidak memperhatikan dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut siswa seharusnya menyimak wacana percakapan dengan penuh perhatian dan sungguh-sungguh. Hasil nontes berupa dokumentasi foto merupakan bukti kongkret bahwa telah dilaksanakan proses penelitian keterampilan menyimak wacana percakapan dengan media VCD “Ginem Jawi” dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry. Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah pertama, agar guru dapat melakukan pembelajaran yang lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran menyimak wacana percakapan. Kedua, apabila guru akan menerapkan komponen inquiry dalam pembelajaran hendaknya guru menjelaskan secara detail mengenai hakikat siklus inquiry dengan harapan agar dapat melatih siswa untuk menemukan sendiri makna dan konsep pengetahuan yang bermanfaat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keterampilan menyimak, wacana percakapan bahasa Jawa, media VCD “Ginem Jawi”, pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2011 08:02
Last Modified: 25 Apr 2015 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item