ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN NUMERASI (STUDI KASUS PADA SISWA SD NEGERI DEBONG TENGAH 1 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL)
Ayu Wulandari, 1401419052 (2023) ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN NUMERASI (STUDI KASUS PADA SISWA SD NEGERI DEBONG TENGAH 1 KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (SKRIPSI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah upaya meningkatkan mutu literasi sejak dini. Kegiatan GLS di dalamnya terdapat program peningkatan numerasi. Kegiatan numerasi dilakukan pada seluruh jenjang pendidikan termasuk sekolah dasar. Kegiatan numerasi sangat penting karena kemampuan numerasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat menganalisis secara kritis permasalahan yang dihadapi, sehingga dapat menyelesaikannya dengan baik. Kemampuan numerasi harus diterapkan sejak dini, karena akan lebih memaksimalkan perkembangan proses berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pelaksanaan kegiatan numerasi di kelas III SD Negeri Debong Tengah 1; (2) mengidentifikasi kendala dalam melaksanakan kegiatan numerasi di kelas III SD Negeri Debong Tengah 1; (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan kegiatan numerasi di kelas III SD Negeri Debong Tengah 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles & Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pelaksanaan kegiatan numerasi terdiri dari penyusunan perencanaan kegiatan numerasi, pelaksanaan kegiatan numerasi, dan evaluasi kegiatan numerasi; (2) kendala pelaksanaan kegiatan numerasi berasal dari keterbatasan sumber daya manusia atau guru itu sendiri dan siswa; (3) upaya mengatasi kendala pelaksanaan kegiatan numerasi oleh guru kelas dilakukan dengan berkoordinasi bersama kepala sekolah, guru-guru, orang tua siswa, dan siswa. Simpulannya, secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan numerasi di kelas III SD Negeri Debong Tengah 1 dapat dikatakan cukup baik, karena dapat menunjukan adanya peningkatan kemampuan numerasi berdasarkan hasil belajar siswa, hanya saja memiliki kekurangan dimana pembiasaan numerasi di luar jam pembelajaran masih belum optimal dilaksanakan. Disarankan kepada guru kelas lebih memperhatikan pelaksanaan kegiatan numerasi siswa, agar dapat memaksimalkan peningkatan kemampuan numerasi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa SD; Kegiatan numerasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > student compliance L Education > L Education (General) > school environment L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 03:54 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 03:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |