MODEL PERBAIKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASAR NEA
Erina Siskawati, 0401620008 (2023) MODEL PERBAIKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASAR NEA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
![]() |
PDF (DISERTASI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis adalah salah satu tujuan penting dalam pembelajaran, memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada peserta didik bukan hanya sebagai hafalan tetapi dengan pemahaman peserta didik dapat lebih mengerti konsep materi pelajaran itu sendiri. Pemahaman matematis sangat penting dalam mempelajari matematika karena akan memudahkan pemecahan masalah matematika, bahkan akan mempertajam pemecahan masalah. Pentingnya pemahaman matematis untuk dimiliki setiap peserta didik, tidak sejalan dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Hasil analisis ujian nasional menunjukkan nilai yang masih rendah khususnya materi geometri. Kondisi seperti ini harus diatasi dengan menemukan model perbaikan pemahaman matematis dalam pemecahan masalah matematika. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana model perbaikan pemahaman matematis peserta didik SMP yang ditinjau dari pemahaman konseptual dan prosedural dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan NEA. Tujuan penelitian ini adalah menemukan model perbaikan pemahaman matematis peserta didik SMP yang ditinjau dari pemahaman konseptual dan prosedural dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan NEA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan triangulasi. Wawancara dilakukan pada tiga subjek yang ditinjau dari pemahaman konseptul dan tiga subjek yang ditinjau dari pemahaman prosedural selama tiga bulan di MTs Negeri 1 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi yaitu hasil tes, wawancara, dan observasi. Intrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam pola kesalahan yaitu Pola Kesalahan Interpretasi Kalimat (PKIK), Pola Kesalahan Representasi (PKR), Pola Kesalahan Konsep (PKK), Pola Kesalahan Kosa Kata (PKKK), Pola Kesalahan Terminologi Matematika (PKTM), dan Pola Kesalahan Penggunaan Satuan (PKPS). Berikutnya diberikan intervensi sesuai dengan kebutuhan dan karakter pola kesalahan. Ditemukannya model perbaikan pemahaman matematis jenis inteversi encouraging formalizing mathematical idea, externalizing mental images, encouraging image reviewing, encouraging extending mathematical ideas, refining primitive knowing, dan activating primitive knowing.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model perbaikan, pemahaman matematis, pemecahan masalah, NEA |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:14 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/66530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |