LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATHCITYMAP


Bayu Sadewo, 4101419086 (2023) LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MATHCITYMAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101419086_Bayu Sadewo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Literasi matematika dan motivasi belajar siswa menjadi topik yang krusial dalam pembelajaran abad ke-21. Inovasi pembelajaran matematika dan pemanfaatan teknologi perlu dilakukan untuk menunjang kemampuan peserta didik guna menghadapi tantangan globalisasi. Pada penelitian ini pembelajaran yang diterapkan menggunakan Problem Based Learning berbantuan MathCityMap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah literasi matematis siswa pada Problem Based Learning berbantuan MathCityMap mencapai ketuntasan; (2) untuk menguji literasi matematis siswa pada Problem Based Learning berbantuan MathCityMap lebih baik dari literasi matematis siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning; (3) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap literasi matematis siswa pada Problem Based Learning berbantuan MathCityMap; (4) Untuk mengetahui literasi matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa pada Problem Based Learning berbantuan MathCityMap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixmetod explanatory sequential design dimana pengambilan data dilaksanakan untuk memperoleh data kuantitatif diikuti data kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 yang terdiri dari 2 orang siswa pada setiap kategori motivasi belajar yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi matematis siswa pada pembelajaran Problem Based Learning berbantuan MathCityMap mencapai atau melebihi batas ketuntasan aktual secara rata-rata yaitu 53,3; (2) Rata-rata literasi matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan MathCityMap lebih baik dari pada rata-rata literasi matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning ; (3) Ada pengaruh motivasi belajar siswa dengan literasi matematis siswa dengan presentase 45% sedangkan 55% literasi matematis siswa dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti; (4) Subjek motivasi belajar kategori tinggi memiliki literasi matematis yang tinggi karena siswa mampu memenuhi ketiga indikator literasi matematis dengan baik. Mereka mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tepat serta mengikuti langkah-langkah penyelesaian. Subjek dengan kategori tinggi cenderung aktif ketika pembelajaran. Bertanya ketika setelah mencoba mereka menemukan kesulitan. Subjek motivasi belajar sedang memiliki literasi matematis yang sedang, karena masih ada indikator literasi matematis yang belum terpenuhi dengan baik. Subjek kategori sedang cenderung cukup aktif dikelas. Namun, sayangnya mereka sering bertanya terlebih dahulu sebelum mencobanya. Subjek motivasi belajar rendah memiliki literasi matematis yang rendah, karena sebagian besar indikator literasi matematis yang belum terpenuhi. Subjek dengan kategori rendah cenderung pasrah dan malas bertanya ketika pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematis Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Problem Based Learning , MathCityMap
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:52
Last Modified: 25 Nov 2024 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65810

Actions (login required)

View Item View Item