LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN PADA PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY LEARNING PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM


Shandira Arsy Ramadhani, 4101419044 (2023) LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN PADA PEMBELAJARAN MODEL INQUIRY LEARNING PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101419044_Shandira Arsy Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembelajaran model Inquiry Learning pendekatan realistik berbantuan Google Classroom berkualitas meningkatkan literasi numerasi siswa, mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap literasi numerasi siswa pembelajaran model Inquiry Learning pendekatan realistik berbantuan Google Classroom, mendeskripsikan literasi numerasi sesuai dengan tingkatan kategori kemandirian pada model Inquiry Learning pendekatan realistik berbantuan Google Classroom. Jenis penelitian ini ialah mixed method dengan desain concurrent embedded 70% kuantitatif dan 30% kualitatif menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Populasi dari siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel diambil secara simple random sampling, kelas VIII B sebagai kelas ekpserimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Kedua kelas kemudian diuji untuk mengetahui literasi numerasi siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Penelitian kualitatif menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah pada kategori kemandirian tinggi 1 orang, kemandirian sedang 2 orang, dan kemandirian rendah 3 orang. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran model Inquiry Learning pendekatan realistik berbantuan Google Classroom berkualitas dalam meningkatkan literasi numerasi siswa yang memenuhi tahap perencaaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap literasi numerasi siswa pada pembelajaran model Inquiry Learning pendekatan realistik berbantuan google classroom sebesar 13,6%. (3) Siswa pada subjek kemandirian belajar tinggi memenuhi kriteria baik pada tujuh komponen literasi numerasi yaitu siswa mampu memahami dan menuliskan informasi apa yang ditanya dan diketahui pada soal, mampu menuliskan bentuk model matematika dari permasalahan serta menyelesaikan permasalahan, mampu menginterpretasikan berupa gambar dalam soal cerita, mampu menyelesaikan dengan penalaran yang logis mendapatkan kesimpulan yang beralasan, mampu menggunakan strategi untuk menyelesaikan permasalahan, mampu menuliskan simbol matematika, dan mampu menggunakan kalkulator untuk mengecek kembali penyelesaian pada soal. Siswa pada subjek kemandirian belajar sedang dengan kriteria cukup baik ditandai dengan siswa kurang mampu menuliskan bentuk model matematika dari permasalahan serta menyelesaikan permasalahan, dan cukup mampu menginterpretasikan berupa gambar dalam soal cerita. Siswa pada subjek kemandirian belajar rendah dengan kriteria cukup baik ditandai dengan siswa cukup mampu menggunakan strategi untuk menyelesaikan permasalahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi numerasi, Inquiry Learning, Pendekatan realistik, Kemandirian belajar, Google Classroom
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 03:26
Last Modified: 25 Nov 2024 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65807

Actions (login required)

View Item View Item