SIKAP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERBANTUAN FLIPBOOK


Anis Nur Faida, 4101418193 (2023) SIKAP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE BERBANTUAN FLIPBOOK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101418193_Anis Nur Faida.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Sikap merupakan salah satu aspek yang menjadi tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menguji apakah kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook mencapai ketuntasan klasikal; (2) menguji apakah kemampuan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran SSCS tanpa berbantuan flipbook; (3) menguii apakah sikap siswa dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook berada pada kategori baik; (4) mendeskripsikan sikap siswa ditinjau dari keterampilan proses dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook; dan (5) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari keterampilan proses dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook. Jenis penelitian ini mix method dengan model sequential explanatory design dan desain penelitian the nonequivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mandiraja tahun ajaran 2022/2023. Melalui teknik cluster random sampling terpilih 2 kelas sampel yaitu kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan VIII H sebagai kelas eksperimen. Melalui teknik purposive sampling terpilih masing-masing dua siswa dengan keterampilan proses tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook mencapai ketuntasan belajar secara klasikal; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran SSCS tanpa berbantuan flipbook; (3) sikap siswa dalam pembelajaran SSCS berbantuan flipbook berada pada kategori baik; (4) siswa dengan keterampilan proses tinggi cenderung mampu mencapai delapan indikator sikap (religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri, toleransi, gotong royong, dan tanggung jawab) dengan sangat baik, siswa dengan keterampilan proses sedang cenderung mampu mencapai delapan indikator sikap dengan baik, siswa dengan keterampilan proses rendah cenderung mampu mencapai delapan indikator sikap dengan cukup baik; dan (5) siswa dengan keterampilan proses tinggi cenderung mampu mencapai empat indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Siswa dengan keterampilan proses sedang cenderung mampu mencapai tiga indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana. Sedangkan siswa dengan keterampilan proses rendah hanya mampu mencapai dua indikator yaitu memahami masalah dan menyusun rencana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses, pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share), flipbook.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2024 02:01
Last Modified: 25 Nov 2024 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65762

Actions (login required)

View Item View Item