MODEL KINERJA GURU BERBASIS KEPUASAN KERJA (STUDI EMPIRIS MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI)
Neru Pranuta Murnaka, 0101617017 (2022) MODEL KINERJA GURU BERBASIS KEPUASAN KERJA (STUDI EMPIRIS MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI). Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor penting untuk memajukan peradaban suatu negara. Proses pendidikan dapat berjalan dengan baik melalui kinerja guru yang produktif. Untuk meningkatan kinerja guru ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kota Salatiga. Penelitian ini adalah penelitian korelasional multivariat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling. Analisis data menggunakan teknik structural equation modeling (SEM) untuk pengujian model penelitian. Hasil penelitian adalah (1) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 24,6%; (2) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja guru sebesar 58%; (3) komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 21%; (4) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh langsung dan tak langsung terhadap kinerja guru sebesar 35,3%; (5) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh langsung dan tak langsung terhadap kinerja guru sebesar 92,9%; (6) komitmen organisasi memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru sebesar 35,2%; (7) kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 67,3%; (8) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja sebesar 16,8%; (9) komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja sebesar 14,1%; (10) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja sebesar 38,9%
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kepuasan kerja, kinerja guru |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) > school environment L Education > Educational Institutions > school management |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 03:03 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 03:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65652 |
Actions (login required)
View Item |