PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN TAHUN AKADEMIK 2021 / 2022 KELAS X SMK TARUNA TERPADU 2 BOGOR


Annisa Marliani, 5404417040 (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN TAHUN AKADEMIK 2021 / 2022 KELAS X SMK TARUNA TERPADU 2 BOGOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5404417040_Annisa Marliani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persepsi ialah proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indera yang dimiliki sehingga menjadi sadar akan segala sesuatu yang ada pada lingkungannya. Siswa sebagai subjek dalam pembelajaran memiliki peran penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan belajar dan persepsi siswa selama menggunakan Google Classroom pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI Jasa Boga 1 – 3 yang berjumlah 110 siswa, dengan sampel berjumlah 87 siswa yang dihitung berdasarkan Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu Wawancara Terstuktur untuk mengetahui proses kegiatan belajar, dan Angket untuk mengetahui persepsi siswa dalam menggunakan Google Classroom. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Statistik Deskriptif dan diolah menggunakan SPSS 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Google Classroom membantu dalam proses kegiatan belajar, seperti mengakses materi dan mengerjakan tugas, dan waktu yang digunakan oleh siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas menjadi lebih panjang. Hasil pengukuran persepsi siswa terhadap penggunaan Google Classroom secara keseluruhan berada pada kategori cukup baik dengan persentase 74,7%. Saran dari peneliti untuk lebih memperhatikan kembali instrument pada penelitian dan lebih mempersiapkan diri dalam proses pengambilan dan pengumpulan data sehingga dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Kegiatan Belajar, Persepsi
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY2 Tata Boga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Nov 2024 06:20
Last Modified: 12 Nov 2024 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65534

Actions (login required)

View Item View Item