KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL PBL BERBANTUAN MODUL BERNUANSA STEM
Shofiyana Noor Wijayanti, 4101418214 (2022) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PADA MODEL PBL BERBANTUAN MODUL BERNUANSA STEM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam bentuk menyampaikan ide atau gagasan matematika baik secara tulisan maupun lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model PBL berbantuan modul bernuansa STEM mencapai ketuntasan klasikal, untuk menganalisis kemampuan komunikasi siwa pada kelas model PBL berbantuan modul bernuansa STEM lebih baik daripada kemampuan komunikasi siwa pada model konvensional, untuk menganalisis pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL berbantuan modul bernuansa STEM, dan mendeskripsi kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada model PBL berbantuan modul bernuansa STEM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran (mix method) dengan menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Miftahussalam 1 Demak tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan VIII-E kelas kontrol. Desain penelitian kuantitatif menggunakan true experimental dengan jenis the randomized postest-only control design dengan dua perlakuan, sedangkan penelitian kualitatif menggunakan metode focused interviews, dengan mengambil 2 siswa disetiap kategori self-confidence. Pada self-confidence terdapat tiga kategori yaitu kategori tinggi, kategori sedang, dan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis pada model PBL berbantuan modul bernuansa STEM mencapai ketuntasan klasikal; (2) kemampuan komunikasi siwa pada kelas model PBL berbantuan modul bernuansa STEM lebih baik daripada kemampuan komunikasi siwa pada model konvensional; (3) terdapat pengaruh positif antara self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada model PBL berbantuan modul bernuansa STEM; (4) self�confidence tinggi lebih banyak memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis diikuti dengan kategori sedang lalu rendah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis, self-confidence, Model PBL, modul bernuansa STEM. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:04 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65149 |
Actions (login required)
View Item |