KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT


Ade Eky Setiaji, 4101418156 (2022) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PADA DISCOVERY LEARNING DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101418156 Ade Eky Setiaji - Ade Eky Setiaji.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Discovery Learning dengan performance assessment terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain sequential explanatory dengan bentuk desain kuantitatif adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design dan kualitatif berupa deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Brebes tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih 33 siswa kelas XI MIPA 7 sebagai kelompok kontrol dan 33 siswa kelas XI MIPA 8 sebagai kelompok eksperimen. Subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diambil sebanyak 6 siswa berdasarkan tingkat kepercayaan diri pada kelas XI MIPA 8. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: metode angket, tes, dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket kepercayaan diri, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Discovery Learning dengan performance assessment efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan rincian sebagai berikut; kemampuan komunikasi matematis pada Discovery Learning dengan performance assessment tidak mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata dan proporsi kemampuan komunikasi matematis siswa pada Discovery Learning dengan performance assessment lebih baik daripada model Discovery Learning; (2) kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri adalah (a) siswa dengan kepercayaan diri tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis; (b) siswa dengan kepercayaan diri sedang mampu memenuhi indikator written text, menyajikan ide dan situasi dari suatu masalah dalam bentuk grafik dengan benar, namun terkadang tidak, menyajikan ide dan situasi menggunakan simbol/notasi matematika dengan benar, dan tidak memenuhi indikator menarik kesimpulan dengan benar; (c) siswa kepercayaan diri rendah mampu mampu memenuhi indikator menuliskan apa yang diketahui dari suatu masalah, namun terkadang tidak, menuliskan langkah-langkah untuk memecahkan masalah dengan benar beserta alasan dalam prosesnya, menyajikan ide dan situasi dari suatu masalah dalam bentuk grafik dengan benar, namun terkadang tidak, menyajikan ide dan situasi menggunakan simbol/notasi matematika dengan benar, namun terkadang tidak, dan tidak memenuhi menarik kesimpulan dengan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Discovery Learning, Performance Assessment, Kepercayaan Diri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2024 08:01
Last Modified: 04 Nov 2024 08:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65148

Actions (login required)

View Item View Item