PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA STEAM BERBANTUAN APLIKASI GAME GESIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS
Septi Devi Aryanti, 4101418142 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA STEAM BERBANTUAN APLIKASI GAME GESIT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (33MB) | Request a copy |
Abstract
Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku siswa dan buku guru yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam pembelajaran, guru belum pernah menggunakan bahan ajar yang dilengkapi dengan masalah-masalah yang mampu mengaitkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dengan bidang lain seperti science, technology, engineering, art, dan mathematics. Bahan ajar matematika bernuansa STEAM disajikan dalam materi yang berkaitan dengan science, technology, engineering, art, dan mathematics serta dilengkapi dengan aplikasi game GESIT sehingga peserta didik lebih tertarik mempelajari materi dalam bahan ajar tersebut. Tujuan penelitian dan pengembangan terhadap bahan ajar matematika bernuansa STEAM berbantuan aplikasi game GESIT adalah untuk memperoleh gambaran mengenai (1) potensi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) tingkat kelayakan; (3) tingkat keterbacaan; dan (4) respon peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (four-D model) tanpa tahap penyebaran atau disseminate, sehingga tahapan penelitian ini terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan dapat digunakan dengan rata-rata skor potensi sebesar 89,28% dengan kriteria sangat berpotensi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dengan rata-rata skor kelayakan sebesar 89,56% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami oleh peserta didik dengan rata-rata skor keterbacaan sebesar 91,11% dengan kriteria sangat mudah dipahami. Hasil uji respon peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar menarik secara tampilan dan dapat digunakan dengan rata-rata skor respon sebesar 84,7% dengan kriteria sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, bahan ajar, STEAM, kemampuan berpikir kreatif matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:53 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/65147 |
Actions (login required)
View Item |