HUBUNGAN SUHU PEMANASAN BUAH KEDONDONG DENGAN KESUKAAN MASYARAKAT, KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN GULA PEREDUKSI PERMEN JELLY


Mutiara Rachmadhani, 5404417027 (2022) HUBUNGAN SUHU PEMANASAN BUAH KEDONDONG DENGAN KESUKAAN MASYARAKAT, KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN GULA PEREDUKSI PERMEN JELLY. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5404417027 - Mutiara Rachmadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Permen jelly dengan perbedaan suhu pemanasan buah kedondong pada pembuatan permen jelly. Pada penelitian ini suhu pemanasan yang berbeda yaitu tanpa pemanasan pada sampel K, dengan suhu pemanasan pasteurisasi pada sampel B, dan suhu pemanasan sterilisasi pada sampel B. dengan perbedaan suhu pemanasan buah kedondong bertujuan untuk mengatahui kesukaan masyarakat, kapasitas antioksidan, dan kandungan gula pereduksi pada permen jelly. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pebedaan suhu pemanasan buah kedondong yaitu tanpa proses pemanasan, dengan suhu pemanasan pasteurisasi, dan suhu pemanasan sterilisasi. Variabel terikatnya adalah tingkat kesukaan masyarakat, kapasitas antioksidan, dan kandungan gula pereduksi. Variabel kontrolnya adalah meliputi bahan, alat, dan langkah-langkah dalam proses pembuatan. Metode pengumpulan data dengan penilaian subjek berupa uji kesukaan masyarakat, penilaian objektif dilakukan menggunakan uji laboratorium kapasitas antioksidan dan kandungan gula pereduksi. Desain eksperimen menggunakan One Shoot Case Study. Metode analisis perbedaan kesukaan menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji Mann�Whitney menggunakan aplikasi spss 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbedaan kesukaan masyarakat terhadap permen jelly buah kedondong dengan perlakuan berbeda pada pra pembuatan pada indikator warma, rasa, dan aroma dan tidak ada beda pada indikator tekstur. Uji laboratorium kapasitas antioksidan pada sampel K 48,35, sampel A 25,36 dan sampel B 39,89. Uji laboratorium kandungan gula pereduksi sampel K 7,059, sampel B 6,059 dan 5,059 sampel D. Saran penelitian 1) Perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan perlakuan pemanasan lain. 2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh penyertaan kulit kedondong terhadap kapasitas antioksidan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: permen jelly kedondong, suhu pemanasan, antioksidan, gula pereduksi
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY2 Tata Boga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:41
Last Modified: 11 Oct 2024 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64962

Actions (login required)

View Item View Item