PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ETHNOMATHEMATICS REALISTIC AND DYNAMIC ASSESSMENT (EMERALDA) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA SISWA SMP


Andi Saparuddin Nur, 0401619012 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ETHNOMATHEMATICS REALISTIC AND DYNAMIC ASSESSMENT (EMERALDA) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA SISWA SMP. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401619012_Andi Saparuddin Nur.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu; (1) Menganalisis bentuk-bentuk etnomatematika masyarakat Jeneponto yang terhubung dengan konteks matematika sekolah serta mendukung kemampuan memecahkan soal cerita siswa SMP. (2) Mendesain aktivitas pembelajaran yang mengintegrasikan etnomatematika, pendidikan matematika realistik, dan penilaian dinamis yang mendukung kemampuan memecahkan soal cerita siswa SMP. (3) Mengembangkan model pembelajaran EMERALDA yang unggul serta memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan yang mendukung kemampuan memecahkan soal cerita siswa SMP. (4) Mengevaluasi langkah-langkah pemecahan soal cerita siswa SMP menggunakan model pembelajaran EMERALDA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE. Lokasi penelitian di Kabupaten Jeneponto dengan subjek penelitian terdiri atas; masyarakat, guru, dan siswa SMP kelas VII. Hasil penelitian pada setiap tahap pengembangan, yaitu; Tahap Analyze menghasilkan bentuk etnomatematika masyarakat Jeneponto terdapat pada metode penggaraman, metode bertani rumput laut, metode penangkapan ikan, sistem waktu, rumah tradisional, aktivitas di pasar tradisional, kerajinan tradisional, permainan tradisional, ritual adat, dan makanan tradisional. Tahap Design menghasilkan draf I buku model pembelajaran EMERALDA, instrumen penelitian, dan perangkat pembelajaran. Tahap Develop menghasilkan draf I buku model, instrumen dan perangkat pembelajaran yang valid. Para ahli memberikan penilaian valid/layak dengan revisi sehingga menghasilkan draf II. Uji keterbacaan dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan guru. Revisi draf II menghasilkan draf III yang siap digunakan pada tahap uji coba lapangan untuk mengetahui derajat kepraktisan, dan keefektifan. Tahap Implement menghasilkan model pembelajaran EMERALDA yang memenuhi kriteria praktis dan efektif. Analisis kepraktisan menunjukkan model pembelajaran EMERALDA terlaksana dengan baik, dan memenuhi respon positif siswa. Analisis Keefektifan menunjukkan kemampuan siswa memecahkan soal cerita menggunakan model pembelajaran EMERALDA lebih baik, guru mampu mengelola pembelajaran, dan siswa melaksanakan kegiatan belajar sesuai batas waktu ideal. Diseminasi produk final dilakukan melalui workshop dan publikasi hasil penelitian. Tahap Evaluate menghasilkan langkah siswa memecahkan soal cerita matematika setelah penerapan model pembelajaran EMERALDA, yaitu; mengidentifikasi informasi, membuat representasi model, menyelesaikan model secara matematis, mengevaluasi solusi (jika hasil dianggap tidak memuaskan), menginterpretasi solusi, dan mengomunikasikan solusi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: EMERALDA, model pembelajaran, soal cerita matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:12
Last Modified: 27 Sep 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64233

Actions (login required)

View Item View Item