PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-PROJECT�EVALUATION (DPjE) BERNUANSA STEM BERBASIS KARAKTER BUDAYA LOKAL BIMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI


SUDARSONO, 0401619011 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-PROJECT�EVALUATION (DPjE) BERNUANSA STEM BERBASIS KARAKTER BUDAYA LOKAL BIMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401619011-SUDARSONO.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan karakter budaya lokal Bima dalam pengembangan model pembelajaran DPjE-STEM diharapkan dapat memberikan solusi terhadap rendahnya kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengkaji secara komprehensif faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah geometri yang terjadi sampai saat ini, serta mengkaji secara komprehensif proses dan hasil pengembangan model yang memenuhi kriteria untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research & Development (R & D) dengan desain model ADDIE meliputi: (1). Analysis, (2). Design, (3). Develop, (4). Implementation, dan (5). Evaluation. Subjek penelitian merupakan peserta didik di sekolah menengah pertama. Adapun hasil penelitian pengembangan yaitu (1) tahap Analysis dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, karakteristik peserta didik. (2) tahap Design menghasilkan draf I buku model pembelajaran DPjE bernuansa STEM berbasis KBLB, perangkat pembelajaran dan isntrumen penelitian. (3) tahap Develop, para ahli matematika memberikan penelaian kelayakan rancangan produk yang telah dikembangkan sehingga menghasilkan buku model dan perangkat (draft I). (4) tahap Implementation melakukan revisi atas hasil penilaian ahli Draft II digunakan uji coba terbatas memerlukan revisi. revisi buku model dan perangkat (Draft II) menghasilkan draft III dan produk final memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Uji kepratisan data menunjukan model pembelajaran DPjE bernuansa STEM berbasis KBLB terlaksana dengan baik dan memenuhi respon positif peserta didik. Uji keefektifan data menunjukkan kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik menggunakan model pembelajaran DPjE bernuansa STEM berbasis KBLB adanya peningkatan dan perbedaan. (5) tahap evaluation menghasilkan langkah penerapan model pembelajaran DPjE bernuansa STEM berbasis KBLB yang telah valid, praktis dan efektif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri peserta didik memiliki sintak dengan fase pembelajaran adalah stimulasi, indentifikasi masalah, desain project, Menyusun jadwal pembuatan, pengumpulan data, pengolahan data dan evaluasi. Komponen model pembelajaran dirancang secara spesifik yang menuhi unsur antara lain sintak pembelajaran, system sosial, prinsip reaksi, system pendukung, dampak instruksional atau pengiring untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah geometri. Karakter model pembelajaran DPjE yaitu (1) pembelajaran berpusat pada peserta didik; (2) peserta didik belajar aktif sebagai ilmuwan; (3) peran guru sebagai pendamping dan pembimbing; (4) memusatkan masalah; dan (5) munculnya sikap diri dan sosial.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Model DPjE, STEM, Budaya Lokal Bima, Pemecahan Masalah, Geometri
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:04
Last Modified: 27 Sep 2024 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64232

Actions (login required)

View Item View Item