ANALISIS LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM


RISKA PUTRI FILIAYUK, 0401519027 (2023) ANALISIS LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401519027_Riska Putri Filiayuk.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Assesmen Kompetensi Minimal (AKM) yang dilaksanakan pada tahun 2021 memetakan dua kompetensi minimum peserta didik yakni literasi dan numerasi. Literasi numerasi merupakan salah satu kompetensi yang dianggap penting dan harus dikuasai oleh peserta didik. Selain adanya kemampuan literasai numerasi yang harus dikuasai, peserta didik juga dituntut untuk memiliki karakter yang mampu mendukung hasil belajar yang salah satunya yaitu self-efficacy. Model pembelajaran yang mendukung dalam peningkatan literasi numerasi peserta didik salah satunya adalah berbasis proyek (Project Based Learning) dengan pendekatan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas pembelajaran dengan model project based learning dengan pendekatan STEAM , dan (2) mendeskripsikan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari self-efficacy pada pembelajaran model PjBL dengan pendekatan STEAM. Metode penelitian ini adalah metode mixed method dengan model sequential explanatory.Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Umar Bin Khathab Kudus dengan sampel penelitian kelas VA. Subjek penelitian kualitatif ditentukan berdasarkan self-efficacy dengan data yang diperoleh dari triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji t dan uji z, sedangkan untuk analisis data kualitatif menggunakan uji keabsahan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pembelajaran berkualitas dengan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian dengan kategori baik dan keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik. Penilaian hasil pembelajaran dengan model PjBL pendekatan STEAM lebih dari BTA = 50, tuntas klasikal > 75%, rata-rata literasi numerasi, proporsi ketuntsan dan peningkatan literasi numesari pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Literasi numerasi kelompok self efficacy rendah dengan kategori cukup baik dalam menguasai soal penerapan, sehingga diperlukan bimbingan secara individu. Literasi numerasi kelompok self efficacy sedang dengan kategori baik dalam menguasai soal penerapan dan penalaran sehingga diperlukan soal tambahan latihan soal. Literasi numerasi kelompok self efficacy tinggi dengan kategori cukup baik dalam menguasai soal aplikasi, penerapan dan penalaran sehingga diperlukan soal pengayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Self Efficacy, Model Pembelajaran Project Based Learning, STEAM
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:44
Last Modified: 26 Sep 2024 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64222

Actions (login required)

View Item View Item