LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND MELALUI STRATEGI REACT BERBANTUAN SCHOOLOGY


Endang Setiasih, 0401518025 (2023) LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND MELALUI STRATEGI REACT BERBANTUAN SCHOOLOGY. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0401518025_Endang Setiasih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji kualitas pembelajaran menggunakan strategi REACT berbantuan schoology terhadap kemampuan literasi matematis yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dah evaluasi; (2) mendeskripsikan kemampuan literasi matematis berdasarkan habits of mind pada pembelajaran menggunakan strategi REACT berbantuan schoology. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix method dengan desain penelitian sequential explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan literasi matematis, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Nu Al-Hikmah Mijen. Data kuantitatif dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif diambil berdasarkan angket habits of mind. Subjek penelitian kualitatif terdiri dari enam siswa yang diperoleh melalui hasil angket habits of mind. Teknik analisis data kuantitatif dengan statistika parametric uji rata-rata, uji proporsi, uji beda rata�rata, uji beda proporsi, dan uji beda rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematika. Teknik analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran melalui strategi REACT berbantuan schoology berkualitas; dengan melihat perencanaan pembelajaran yang divalidasikan oleh beberapa ahli terkait perangkat pembelajaran sudah dikatakan layak, sedangkan tahap implementasi penerapan strategi REACT berbantuan schoology efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa, dan evaluasi kepada siswa yang masih tergolong rendah maka aka nada intervensi untuk meningkatkan kemampuan tersebut, (2) siswa dengan habits of mind tinggi menguasai komponen komunikasi, matematisasi, penalaran dan argumen, merumuskan dan menyelesaikan masalah dengan sangat baik, komponen penggunaan simbol, bahasa formal, teknik dan operasi dikuasai dengan baik, dan dua komponen lainnya dikuasai dengan cukup baik. Siswa dengan habits of mind sedang menguasai komponen merumuskan dan menyelesaikan masalah dengan baik, komponen komunikasi dan matematisasi dikuasai dengan baik, komponen penaran dan argument, penggunaan simbol, bahasa formal, teknik, dan operasi dikuasai dengan cukup baik, dan dua komponen lainnya dikuasai dengan kurang baik. Siswa dengan habits of mind rendah hanya mampu menguasai tiga komponen dengan cukup baik yaitu komunikasi, matematisasi, dan penggunaan alat matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi matematika, Habits Of Mind, Strategi REACT, Schoology
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:19
Last Modified: 26 Sep 2024 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64214

Actions (login required)

View Item View Item