ANALISIS LITERASI MATEMATIKA BERBANTUAN E-MODUL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 SALAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING


Rifki Maulana Arrazi, 4101417098 (2021) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA BERBANTUAN E-MODUL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 SALAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101417098_Rifki Maulana Arrazi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika ditinjau dari kemandirian belajar sebagai akibat dari penerapan pembelajaran mandiri berbantuan e-modul dengan model pembelajaran CORE. Metode penelitian yang dipilih adalah kombinasi desain mixed-method dengan sequential exploratory design yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Pemilihan subjek penelitian kualitatif dilakukan dengan purposive sampling, sedangkan populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Salaman tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) dan X MIPA 1 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) deskripsi awal literasi matematika siswa sebelum pembelajaran, S-1 memenuhi indikator memahami masalah, matematisasi, merepresentasikan suatu kesimpulan, berargumen atau berpendapat, menggunakan simbol-simbol matematika, dan menggunakan alat-alat matematika, S-2 memenuhi indikator memahami masalah, matematisasi, merepresentasikan suatu kesimpulan, menggunakan simbol-simbol matematika, dan menggunakan alat-alat matematika, S-3 memenuhi indikator matematisasi, menggunakan simbol-simbol matematika, dan menggunakan alat�alat matematika; (2) deskripsi awal kemandirian belajar sebelum pembelajaran, S-1 memenuhi indikator memiliki konsep diri dalam belajar, mendiagnosa kebutuhan belajar, inisiatif dalam belajar, memilih dan menerapkan strategi, memandang kesulitan belajar sebagai tantangan, memanfaatkan dan mencari sumber, menetapkan target dan tujuan belajar, mengevaluasi proses dan hasil belajar serta memonitor, mengatur, dan mengontrol kemajuan belajar, S-2 memenuhi indikator mendiagnosa kebutuhan belajar, memandang kesulitan belajar sebagai tantangan, memanfaatkan dan mencari sumber relevan, menetapkan target dan tujuan, memonitor, mengatur, dan mengontrol kemajuan belajar, S-3 memenuhi indikator mendiagnosa kebutuhan belajar, memiliki inisiatif dalam belajar, memanfaatkan dan mencari sumber relevan; (3) Hasil tes literasi matematika pada pembelajaran mandiri berbantuan e-modul dengan model pembelajaran CORE mencapai ketuntasan belajar; (4) rata-rata hasil tes literasi matematika pada pembelajaran CORE lebih dari rata-rata hasil tes literasi matematika pada pembelajaran PBL; (5) Terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar siswa terhadap literasi matematika pada model pembelajaran CORE berbantuan e-modul; (6) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara proporsi ketuntasan literasi matematika pada pembelajaran mandiri berbantuan e-modul dengan model pembelajaran CORE dengan proporsi ketuntasan literasi matematika pada model pembelajaran PBL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Kemandirian Belajar, Pembelajaran Mandiri, E�Modul, Pembelajaran CORE.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:40
Last Modified: 26 Sep 2024 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64190

Actions (login required)

View Item View Item