KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA SMP N 1 JAKEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM


Dandang Endang Nyarmi, 4101417023 (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA SMP N 1 JAKEN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101417023 - Dandang Endang Nyarmi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Flipped Classroom daring mencapai ketuntasan klasikal, apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Flipped Classroom daring lebih baik daripada model pembelajaran daring konvensional, menganalisis adakah pengaruh self esteem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model Flipped Classroom daring ditinjau dari self esteem. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 1 Jaken pelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D (kelas kontrol) dan VIII E (kelas eksperimen) yang diambil dengan metode simple random sampling. Data diambil dengan tes, angket, dan wawancara. Selanjutnya hasil tes dan angket diolah dengan uji ketuntasan klasikal, uji t, dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model Flipped Classroom daring mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas dengan model Flipped Classroom daring lebih baik daripada pembelajaran daring konvensional; (3) Proporsi ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada model pembelajaran Flipped Classroom lebih dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran daring konvensional.(4) Kemampuan pemecahan masalah dengan model Flipped Classroom daring dari subjek self�esteem tinggi cenderung memenuhi semua indikator, kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model Flipped Classroom daring dari subjek self esteem tengah cenderung memenuhi indikator merumuskan masalah matematis atau menyusun model matematis, menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah, menjelaskan atau menginterpretasi hasil penyelesaian masalah, kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah dengan model Flipped Classroom daring dari subjek self-esteem bawah cenderung memenuhi indikator merumuskan masalah matematis dan menginterpretasi hasil penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Flipped Classroom, Self Esteem
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:37
Last Modified: 26 Sep 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64189

Actions (login required)

View Item View Item