KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTION CARD DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA


rma Salsabila, 4101419051 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUESTION CARD DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101419051_Irma Salsabila - Irma Salsabila.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dalam membantu menyelesaikan permasalahan matematika. Akan tetapi, berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 31 Semarang menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Question Card efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis pada pembelajaran model TGT berbantuan Question Card yang ditinjau dari disposisi matematis siswa. Pembelajaran model TGT berbantuan Question Card efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa apabila tuntas klasikal, rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas TGT berbantuan Question Card mencapai lebih dari KKM, rata-rata kemampuan penalaran matematis pada kelas TGT berbantuan Question Card lebih tinggi dari kelas Problem Based Learning, dan proporsi ketuntasan kemampuan penalaran matematis pada kelas TGT berbantuan Question Card lebih tinggi dari kelas Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Indikator kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini, yaitu: (A) mengajukan dugaan; (B) melakukan manipulasi matematika; (C) menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; (D) menarik kesimpulan dari pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas TGT berbantuan Question Card mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas TGT berbantuan Question Card mencapai lebih dari KKM; (3) rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas TGT berbantuan Question Card lebih tinggi dari rata-rata kelas Problem Based Learning; (4) proporsi ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas TGT berbantuan Question Card lebih tinggi dari proporsi ketuntasan kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas Problem Based Learning. Dengan demikian pembelajaran model TGT berbantuan Question Card efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Selain itu, diperoleh deskripsi kemampuan penalaran matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa, yaitu: (1) subjek dengan disposisi matematis tinggi cenderung mampu memenuhi indikator A, B, C, dan D; (2) subjek dengan disposisi matematis sedang cenderung mampu memenuhi indikator B, C, dan D; (3) subjek dengan disposisi matematis rendah cenderung mampu memenuhi indikator B dan C.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Teams Games Tournament (TGT), Question Card, Disposisi Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:26
Last Modified: 25 Sep 2024 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64143

Actions (login required)

View Item View Item