PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA UNITY 3D PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMP


Fitri Solichati, 4101418073 (2023) PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA UNITY 3D PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101418073_FITRI SOLICHATI.pdf - Fitri Solichati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Negeri 4 Pati belum optimal. Oleh karen itu, diperlukan suatu perlakuan sebagai upaya untuk mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendreskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta ddik yang ditinjau dari model Problem Based Learning berbantuan media unity 3D pada materi Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Pati. Jens penelitian yaitu Ekeperimen dan desain penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pati tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan untuk sampel dalam penelitian adalah 28 peserta didik dalam kelompok eksperimen dan 28 peserta didik dalam kelompok kontrol. Pada penelitian ini menggunakan instrument penelitian tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis yang data menggunakan uji proporsi, uji paired sample t test dan n-gain, dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah Bangun Ruang Sisi Datar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pati menggunakan media unity 3D mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada Bangun Ruang Sisi Datar menggunakan media pembelajaran tidak mengalami peningkatan hal tersebut disebabkan nilai N-gain sebesar 0,53295 yang berarti pembelajaran PBL berbantuan media unity 3D berkategori pembelajaran tingkat sedang, (3) kemampuan pemecahan masalah Bangun Ruang Sisi Datar menggunakan media unity 3D tidak ada perbedaan dengan menggunakan media pembelajaran power point pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pati. Kesimpulan dalam penelitian ini pembelajaran PBL berbantuan media unity 3D memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang dapat dilihat dari hasil atau nilai rata-rata peserta didik meningkat namun tidak secara signifikan, hal ini sebabkan dalam penggunaan media belum optimal danmasih terhalang cuaca tidak stabil yang menyebabkan koneksi internet melambat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Digital, Problem Based Learnin
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:40
Last Modified: 25 Sep 2024 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64138

Actions (login required)

View Item View Item