Pengembangan Bahan Ajar Statistika Bermuatan Soal Literasi Numerasi Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada PBL


Musyafak, Ahmad and Agoestanto, Arief (2022) Pengembangan Bahan Ajar Statistika Bermuatan Soal Literasi Numerasi Bernuansa STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada PBL. Jurnal Tadris Matematika, 5 (2). pp. 273-284. ISSN 2621-4008

[thumbnail of ARTIKEL dg SYAWAK_ 6620-Article Text-18173-1-10-20230120.pdf] PDF
Download (435kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar statistika bermuatan soal literasi numerasi bernuansa STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang layak, praktis dan efektif yang digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebarluasan (Disseminate). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Develop). Instrumen penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan, serta tes kemampuan berpikir kritis untuk menguji keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model PBL untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan bahan ajar. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 40 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak, dan dari segi kepraktisan memperoleh kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada hasil keefektifan melalui pretest-posttest, proporsi peserta didik yang tuntas belajar lebih dari 74,5%, rata-rata posttest lebih dari pretest, dan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, sehingga disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan telah layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran model PBL

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:52
Last Modified: 05 Jun 2024 08:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62850

Actions (login required)

View Item View Item