PERAN GURU DALAM PENGUATAN MODAL SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI MTS DIPONEGORO UNGARAN
Hudi Kusumaningtyas, 3601418046 (2023) PERAN GURU DALAM PENGUATAN MODAL SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI MTS DIPONEGORO UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guru memiliki peranan penting bagi pendidikan karena guru memilki tanggungjawab untuk melakukan kegiatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik yang merupakan sebagai objek dalam penguatan nilai moral, sosial, intelektual, keterampilan dan spiritual. Hal tersebut berkaitan dengan pentingnya penguatan modal sosial bagi peserta didik. Modal sosial merupakan seperangkat nilai-nilai, norma, dan kepercayaan yang mempermudah masyarakat bekerjasama secara aktif dan terkoordinasi untuk mencapai tujuan-tujuannya. Modal sosial dapat digunakan sebagai bekal bermasyarakat agar peserta didik dapat senantiasa menjadi makhluk sosial yang baik karena dengan adanya bekal modal sosial ini dapat dijadikan untuk menyelesaikan konflik sosial. Problematika yang ditemukan di MTs Diponegoro Ungaran yaitu terdapat sikap, perilaku serta perkataan peserta didik yang kurang sopan serta adanya pelanggaran-pelanggaran tata tertib yang dilakukan peserta didik. Hal tersebut tidak sesuai dengan visi-misi sekolah yaitu yaitu mencetak generasi yang bermartabat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penguatan modal sosial melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini berfokus pada (1) peran guru dalam penguatan modal sosial melalui pembelajaran IPS (2) hambatan yang dialami oleh guru dalam penguatan modal sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini dianalisis menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) guru IPS berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing serta pengarah dalam menanamkan nilai modal sosial melalui pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, komponen modal sosial yang ditanamkan oleh guru IPS yaitu nilai dan norma, kepercayaan serta jaringan (2) hambatan yang dialami guru terdapat dua sumber yaitu faktor internal yaitu dari dalam diri peserta didik yaitu karakter peserta didik yang berbeda-beda serta faktor eksternal yaitu dari luar diri peserta didik yaitu lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan. Saran yang diberikan kepada guru IPS dalam menanamkan modal sosial adalah dengan mengembangkan strategi pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran serta dapat memaksimalkan penguatan modal sosial melalui pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu perlu adanya strategi yang dilakukan guru IPS agar hambatan tersebut terminimalisir seperti berkonsutasi dengan wali murid, meningkatkan sarana prasarana yang dimiliki serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh guru IPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Modal Sosial, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:31 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62615 |
Actions (login required)
View Item |