PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO
Armeilinia Gina Atmaja, 3601418003 (2023) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan strategi pembelajaran yang digunakan oleh dua guru IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Strategi pembelajaran yang digunakan guru belum sepenuhnya dapat mendorong kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang proses penggunaan strategi pembelajaran, proses pengembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik terhadap strategi yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran IPS kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPS dan peserta didik kelas VIII A-H di SMP Negeri 1 Mojolaban. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi yang digunakan oleh dua guru IPS kelas VIII yaitu Ibu Yeny dan Ibu Ros ternyata berbeda. Dalam proses pembelajaran IPS sub materi “Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia”, Ibu Yeny menggunakan strategi ceramah konvensional yang belum mampu mendorong kemampuan berpikir kritis peserta didik dan mayoritas respon peserta didik terhadap strategi ceramah konvensional yang digunakan oleh Ibu Yeny yaitu kurang tertarik dan merasa bosan. Guru IPS selanjutnya yaitu Ibu Ros. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh Ibu Ros yaitu strategi variatif berupa ceramah aktif, tanya jawab, dan pengembangan tugas. Strategi variatif yang digunakan oleh Ibu Ros ternyata sudah mampu mendorong kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui kegiatan tanya jawab, serta mayoritas respon peserta didik terhadap strategi yang digunakan oleh Ibu Ros yaitu menarik dan menyenangkan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa, strategi yang digunakan oleh Ibu Yeny dan Ibu Ros belum sepenuhnya dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS. Menurut peserta didik, strategi konvensional yang digunakan oleh Ibu Yeny itu sulit dipahami, kurang menarik, dan membosankan. Sedangkan menurut peserta didik, strategi variatif yang digunakan oleh Ibu Ros itu mudah dipahami, menarik, dan menyenangkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Guru IPS, Kemampuan Berpikir Kritis, Respon Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:02 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/62606 |
Actions (login required)
View Item |