KEMAMPUAN MATEMATISASI DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERMEDIA GOOGLE CLASSROOM


Uswatun Khasanah, 4101414036 (2021) KEMAMPUAN MATEMATISASI DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERMEDIA GOOGLE CLASSROOM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan,diperlukan penguasaan dan pemahaman atas matematika yang kuat sejak dini (Kemendikbud, 2014). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Mengetahui apakah pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan Realistic Mathematics Education bermedia Google Classroom berkualitas baik dan efektif meningkatkan kemampuan matematisasi siswa kelas VIII, (2) Mengetahui apakah karakter rasa ingin tahu siswa kelas VIII dengan pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan Realistic Mathematics Education bermedia Google Classroom lebih baik dari karakter rasa ingin tahu siswa kelas VIII dengan pendekatan scientific bermedia Google Classroom, (3) Mendeskripsikan kemampuan matematisasi siswa kelas VIII dengan model pembelajaran berbasis proyek melalui pendekatan Realistic Mathematics Education bermedia Google Classroom ditinjau dari karakter rasa ingin tahu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Ungaran Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain true experimental design dengan posttest only control design. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji proporsi pihak kanan, uji rata-rata pihak kanan, uji kesamaan dua rata-rata. Teknik analisis data kualitatif yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan realistic mathematics education bermedia google classroom tidak berkualitas baik dan efektif dalam meningkatkan kemampuan matematisasi siswa kelas VIII, (2) Karakter rasa ingin tahu siswa kelas VIII melalui pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan realistic mathematics education bermedia google classroom kurang dari sama dengan pembelajaran scientific, (3) Deskripsi kemampuan matematisasi ditinjau dari karakter rasa ingin tahu siswa yaitu siswa dengan karakter rasa ingin tahu kelompok atas mampu menguasai semua indikator matematisasi horizontal dan vertikal; siswa dengan karakter rasa ingin tahu kelompok tengah mampu menguasai semua indikator matematisasi horizontal dan vertikal namun kurang dalam memberikan argumentasi; siswa dengan karakter rasa ingin tahu kelompok bawah mampu menguasai semua indikator matematisasi horizontal dan vertikal namun tidak mampu melakukan penyesuaian dan pengembangan model matematika, mengombinasikan dan menggabungkan berbagai model; argumentasi matematis; generalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: matematisasi, rasa ingin tahu, pembelajaran berbasis proyek, realistic mathematics education, google classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:56
Last Modified: 29 Jan 2024 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61590

Actions (login required)

View Item View Item