LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN SCHOOLOGY
Neli Masruroh, 4101413012 (2020) LITERASI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN SCHOOLOGY. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Literasi matematika membantu siswa memahami peran matematika dalam aspek kehidupan. Pada penelitian ini, untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika digunakan pembelajaran Discovery Learning pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Schoology. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran efektif dan menganalisis kemampuan literasi matematika siswa. Untuk mengetahui tujuan tersebut digunakan metode penelitian dengan model concurrent embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Bustanul Ulum 2 Bumiayu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan metode dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji proporsi, uji ANAVA, dan uji gain ternormalisasi. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan uji keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran tersebut efektif terhadap kemampuan literasi matematika siswa (2) berdasarkan pengelompokan kelas tinggi, sedang, dan rendah diperoleh bahwa siswa kelompok tinggi mampu memenuhi tujuh indikator kemampuan literasi matematika, kelompok sedang mampu memenuhi tujuh indikator kemampuan literasi matematika dengan kategori baik, dan kelompok rendah mampu memenuhi 4 indikator kemampuan literasi matematika
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi matematika, Discovery Leaning, Realistic Mathematics education (RME), Schoology. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 03:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61371 |
Actions (login required)
View Item |