ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DENGAN POSITIVE FEEDBACK
Meli Andriyani, 0401518061 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DENGAN POSITIVE FEEDBACK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dan perlu diperhatikan guru. Kesuksesan dalam kemampuan komunikasi matematis dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah selfesteem. Hal ini karena kemampuan komunikasi merupakan aspek kognitif yang dapat meningkat aspek afektif pada siswa. Kegiatan pembelajaran matematika pada pembelajaran dengan model CORE berperan aktif dan menyenangkan. Kelas merupakan tempat untuk menampung diskusi beragam topik dengan berbagai fokus ide. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi kualitas pembelajaran pada model CORE dengan positive feedback terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; (2) memperoleh analisis tentang kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-esteem siswa pada model pembelajaran CORE dengan positive feedback. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods. Didesain bentuk pretest posttest control group design. Pemilihan subjek menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, kuisioner, observasi dan wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran CORE dengan positive feedback terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dikatakan pembelajaran berkualitas yaitu pada tahap perencanaan pembelajaran perangkat pembelajaran valid, pada saat pelaksanaan pembelajaran hasil respon guru masuk kriteria baik dan tahap penilaian pembelajaran efektif. (2) Pembelajaran CORE efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor self-esteem siswa sebelum pembelajaran dengan skor self-esteem siswa setelah pembelajaran. Peningkatan self-esteem sebesar 0,10 masih termasuk kategori rendah. Hasil Perhitungan koefisien determinasi pada kelas eksperimen diperoleh r2 0,6587 dengan presentase 65,87%. terdapat pengaruh positif antara self-esteem terhadap kemampu komunikasi matematis siswa sebesar 65,87% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Sehingga semakin tinggi tingkat self esteem semakin tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Self Esteem, Pembelajaran CORE, Positive Feedbac |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 01:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 01:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61066 |
Actions (login required)
View Item |