KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL QR-CODE


Muhammad Bagus Al Basyari, 4101418065 (2023) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL QR-CODE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Cover - Daftar Isi_M. Bagus Al Basyari_4101418065.pdf] PDF - Published Version
Download (496kB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap_M. Bagus Al Basyari_4101418065.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of SK_Pembimbing_M. Bagus Al Basyari_4101418065.pdf] PDF - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Surat Undangan Ujian_M. Bagus Al Basyari_4101418065.pdf] PDF - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Bukti Pembelian Buku_M. Bagus Al Basyari_4101418065.pdf] PDF - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Artikel_M. Bagus Al Basyari_4101418065.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Al Basyari, M. B. 2023. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Model QR-Code. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Emi Pujiastuti, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Problem Based Learning, Modul QR-Code Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada pembelajaran model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan modul QR-Code. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method, desain penelitian yang digunakan pada metode kuantitatif adalah posttest only gorup design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Kedungwuni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwuni, teknik pegambilan sampel menggunakan random sampling, subjek penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling berdasarkan tipe AQ yang terdiri dari 6 siswa yaitu 2 siswa skor tertinggi tipe climbers (AQ tinggi), 2 siswa skor sedang tipe campers (AQ sedang), dan 2 siswa skor terendah tipe quitters (AQ rendah). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL dengan bantuan modul QR-Code mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); (2) Kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL dengan bantuan modul QR-Code mencapai ketuntasan klasikal; (3) Proporsi hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL dengan bantuan modul QR-Code lebih baik daripada model pembelajaran PBL saja; (4) Terdapat pengaruh positif AQ terhadap kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL berbantuan modul QR-Code yaitu sebesar 59,6%; (5) AQ mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran model PBL berbantuan modul QR-Code yaitu subjek 1 dan subjek 2 dengan tipe AQ Climbers memiliki kriteria koneksi matematis sangat mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis, siswa dengan tipe AQ Campers dengan subjek yang dipilih yaitu subjek 3 dan subjek 4, berdasarkan hasil kemampuan koneksi matematis dan wawancara dengan kedua subjek dapat disimpulkan bahwa subjek 3 dan subjek 4 memiliki kriteria kemampuan koneksi matematis mampu. Kemudian siswa dengan tipe AQ Qutters dengan subjek yang dipilih yaitu subjek 5 dan subjek 6, berdasarkan hasil kemampuan koneksi matematis subjek penelitian dan wawancara dengan kedua subjek dapat disimpulkan bahwa subjek 5 memiliki kriteria kemampuan koneksi matematis kategori mampu, sedangkan subjek 6 memiliki kriteria kemampuan koneksi matematis kategori kurang mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Problem Based Learning, Modul QR-Code
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:29
Last Modified: 13 Oct 2023 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60349

Actions (login required)

View Item View Item