Problem Based Learning dengan Audio Visual Terhadap Berfikir Kritis Ekonomi Siswa MAN 1 Kudus
Sri Lestari Ulfah, 0701521032 (2023) Problem Based Learning dengan Audio Visual Terhadap Berfikir Kritis Ekonomi Siswa MAN 1 Kudus. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Download (860kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (882kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk mengembangkan motivasi belajar peserta didik, mendorong peserta didik untuk mampu berpikir kritis, mendorong peserta didik mengoptimalkan kemampuan metakognitisnya, dan menjadi pembelajaran bermakna. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan penerapan Problem Based Learning dengan audio visual terhadap berfikir kritis ekonomi siswa di MAN 1 Kudus. Desain Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan menggunakan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPS 3. Kelompok eksperimen dirancang dengan perlakuan model PBL dengan audio visual berupa video dan kelompok kontrol menggunakan metode PBL dengan e-news. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan essay. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil tes kemampuan awal dan akhir. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan uji banding dua sampel yang bebas tidak saling terkait (independent t test) dan uji N-Gain. Dari penelitian diperoleh data rata-rata kelas eksperimen adalah 84,87 sedangkan rata-rata kelas kontrol 80,29. Lebih tinggi rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen dan hasil analisis data penelitian ini dengan uji t adalah nilai sig 0,039 < 0,05, maka H1 diterima, artinya bahwa Problem Based Learning dengan audio visual efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. hasil perhitungan N-gain juga menunjukkan terjadinya peningkatan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil perhitungan pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen diperoleh N-gain sebesar 0,59 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh N-gain sebesar 0,49. Simpulan dari penelitian ini adalah problem based learning dengan audio visual efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis ekonomi siswa MAN 1 Kudus. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis diperoleh nilai significan yaitu 0,039 < 0,05, adanya perbedaan rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi yaitu 84,87 bila dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yaitu 80,29. Berdasarkan hasil penilitian ini diharapkan mampu memberikan masukan dalam mengembangkan metode pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Audio Visual, Berfikir Kritis Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2 |
Depositing User: | Mahasiswa Pascasarjana UNNES |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:46 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60153 |
Actions (login required)
View Item |