Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa STEM Berpendekatan RME Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Yusrina Ulinnuha Fatimatul Husna, 4101418042 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa STEM Berpendekatan RME Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Under Graduates thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar bernuansa STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) berpendekatan RME yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model penngembangan 4D yang meliputi (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Instrumen yang digunakan berupa angket kevalidan bahan ajar, tes rumpang, angket kepraktisan bahan ajar, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Bahan ajar bernuansa STEM berpendekatan RME yang dikembangkan valid dengan persentase 90,65% dengan kriteria sangat layak. Bahan ajar bernuansa STEM berpendekatan RME yang dikembangkan praktis dengan persentase 83% menggunakan tes rumpang, 82% menggunakan angket penilaian kepraktisan oleh siswa, dan 91% menggunakan angket penilaian kepraktisan oleh guru dengan kriteria bahan ajar mudah dipahami. Bahan ajar bernuansa STEM berpendekatan RME yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan perlakuan penggunaan bahan ajar bernuansa STEM berpendekatan RME pada materi statistika kelas VIII SMP dalam kriteria sedang serta rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan perlakuan penggunaan bahan ajar bernuansa STEM berpendekatan RME (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada rata�rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol) dengan persentase siswa yang tuntas KKM pada kelas kontrol sebesaar 9,375% dan kelas eksperimen sebesar 34,375%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, bahan ajar bernuansa STEM, kemampuan komunikasi matematis, RME |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Mahasiswa FMIPA |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:53 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 09:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60149 |
Actions (login required)
View Item |